Sabtu, 26 September 2020

Organda Surabaya Usulkan Perubahan Rute Angkot untuk Mendukung Subway

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Suasana di Terminal Joyoboyo Surabaya, Foto : Dok suarasurabaya.net

DPC Organda Surabaya mengusulkan perubahan rute angkutan kota. Sonhaji Ketua DPC Organda Surabaya usul agar Lyn di Surabaya melebur jadi satu trayek.

“Semua jadi satu trayek sebagai feeder (angkutan pengumpan) melayani penumpang dari kampung ke tengah kota,” katanya Minggu (25/8/2019).

Menurutnya, perubahan ini akan menjadi solusi awal untuk merealisasikan moda transportasi bawah tanah (subway) yang diwacanakan Wakil Wali Kota Surabaya.

“Angkutan penyangga ini nantinya akan menjadi feeder secara gratis. Kan, bisa dibiayai pakai APBD Kota Surabaya,” ujarnya.

Pelaksanaan anggaran itu, kata dia, bisa diserahkan ke Koperasi atau badan hukum berbentuk perseroan terbuka. Sehingga masyarakat tidak perlu bayar.

Dia juga memperkirakan, penerapan angkutan satu trayek ini juga dapat mengurangi angka pengangguran. Terutama para sopir angkot.

“Sopir nanti akan dibayar UMR (Upah Minimum Regional,red). Jadi tidak perlu repot mencari penumpang,” kata Sonhaji.

Wishnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya mengatakan, usulan Organda Surabaya ini sejalan dengan rencananya membangun angkutan subway.

WS, sapaan akrab Wishnu Sakti Buana mengatakan, dia akan mendiskusikan usulan ini dengan para pakar dan akademisi transportasi.

“Pekan ini saya akan sowan untuk mendiskusikan usulan itu,” ujarnya.(den/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
35o
Kurs