Sabtu, 20 April 2024

Prajurit Yonif 5 Marinir Siap Amankan Pileg dan Pilpres 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pemeriksaan pasukan Yonif 5 Marinir pada apel kesiapan pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019. Foto: Dispen Kormar

Prajurit Yonif 5 Marinir yang tergabung dalam Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019, Jumat (12/4/2019) laksanakan Apel Gelar Personel dan Material di lapangan apel Yonif 5 Marinir Kesatrian Marinir Suroto II Ujung, Surabaya.

Kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Arip Supriyadi, S.H., M.M., M.Tr.Hanla selaku Komandan SSY-3 Pasmar 2 tersebut untuk mengecek kesiapan personel dan material menjelang Pileg dan Pilpres tahun 2019.

Dalam amanatnya Danyonif 5 Marinir mengatakan, beberapa hari lagi tepatnya tanggal 17 April 2019 akan dilaksanakan pencoblosan terkait Pilpres dan Pileg.

Sesuai dengan arahan Panglima TNI agar dipahami, dipedomani dan ditegaskan tentang Netralitas TNI. Untuk itu agar melaksanakan tugas pengamanan Pemilu Tahun 2019 sesuai Aturan Pelibatan, Rule Of Enggagement ( RoE ) dengan penuh rasa tanggung jawab serta koordinasi yang baik dengan Satuan Atas.

Sebagai prajurit lapangan, lanjutnya, harus bisa membedakan berita yang sifatnya Hoaks atau yang merupakan fakta sehingga tidak mudah terpancing dalam melaksanakan pengamanan di daerah operasi.

“Pelajari tugas TNI dalam melaksanakan pengamanan sesuai buku petunjuk tentang pengamanan dan pahami daerah operasi serta peta situasi yang sudah ada terutama peta situasi dimana pasukan ditempatkan,” tegas orang nomor satu di Yonif 5 Marinir itu.

Disampaikan juga oleh Letkol Marinir Arip Supriyadi, S.H., M.M., M.Tr.Hanla, sesuai rencana, dalam Pileg dan Pilpres mendatang prajurit Yonif 5 Marinir akan ditempatkan dibeberapa titik di wilayah Surabaya dan Madura.

“Saat ini 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) sudah ditempatkan di wilayah Surabaya untuk memperkuat Polrestabes Surabaya. Selanjutnya sebanyak 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) akan ditempatkan di wilayah Madura yaitu 1 SSK akan memperkuat Kodim 0826 Pamekasan Madura dan 1 SSK memperkuat Kodim 0827 Sumenep Madura,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwira Seksi Operasi Yonif 5 Marinir Kapten Marinir Haris Tri Purnama, Perwira Seksi Intelijen Yonif 5 Marinir Kapten Marinir Yudi Alhudi, S.H., M.H dan Perwira di jajaran Yonif 5 Marinir.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs