Kamis, 18 April 2024

#20ribuuntuksesama dari Mahasiswa untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
flyer

#20ribuuntuksesama, cukup dengan mendonasikan sejumlah Rp 20.000 atau sama dengan sekurangnya satu kali biaya makan siang saja maka kita dapat membantu teman sesama mahasiswa di kampus. Gerakan kemanusiaan digagas Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Gerakan Dana Kolaborasi Dari dan Untuk Mahasiswa itulah kegiatan yang diusung oleh mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lembaga Kemahasiswaan Keluarga Besar Mahasiswa (LK KBM) UK Petra Surabaya 2020.

Berbagi dan saling peduli tidak akan membuat kekurangan. “Mengambil tema Collaborate to Elevate, dalam rangka memperingati 20 tahun kongres mahasiswa maka kami tergerak membantu realita di kampus sendiri dengan membantu mahasiswa yang terancam tidak bisa meneruskan kuliah karena kondisi ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini. Mahasiswa itu tidak boleh tutup mata akan keadaan sekitar,” terang Bryan Elmer Cahyadi ketua HUT LK KBM 2020, Kamis (19/11/2020).

Berbagai kegiatan digelar diantaranya lomba fotografi, e visual poster dengan kegiatan utamanya adalah menggalang dana kolaborasi lewat Gerakan Dana Kolaborasi Dari dan Untuk Mahasiswa tersebut.

Kolaborasi dari berbagai Lembaga Kemahasiswaan ini melibatkan diantaranya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), 3 BPMF (Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas), 1 MPM (Majelis Perwakilan Mahasiswa), 1 Persma (Pers Mahasiswa) dan 20 HIMA (Himpunan Mahasiswa).

Setiap Lembaga Kemahasiswaan dapat memberikan donasinya dengan minimal nominal sejumlah Rp 20.000, perhitungan ini dapat dilihat secara transparan dengan mengakses http://bem.petra.ac.id/hut_lkkbm/main/.

“Dengan donasi minimal sebesar Rp 20.000 ini dikarenakan biasanya itu adalah ongkos makan siang satu kali makan mahasiswa. Dengan filosofi cukup keluarkan uang sejumlah makan siang saja maka kita dapat membantu teman sekitar kita,” tegas Bryan.

Target yang ingin dicapai sejumlah Rp. 48.000.000 dan hingga Kamis (19/11/2020) sekitar pukul 13.00 tercapai sebesar Rp 35.751.600 dan masih akan terus naik bergerak angkanya.

Puncak acara peringatan hari ulang tahun LK KBM UK Petra Surabaya dijadwalkan dilaksanakan pada Jumat (20/11/2020), diwarnai dengan berbagai kegiatan. Diantaranya penampilandari berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM), sharing session bersama alumni aktif lembaga kemahasiswaaan, juga pengumuman penerima beasiswa.

Menanggapi kegiatan dan gerakan membantu sesama mahasiswa ini, Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra, menyampaikan rasa bangganya pada para mahasiswa LK UK Petra ini. Arja mengungkapkan gerakan ini mempunyai dua semangat yaitu kolaborasi dan kepedulian.

Dengan didukung semua Lembaga Kemahasiswaan artinya mereka para mahasiswa ini belajar bekerjasama sekaligus menambah keakraban. Sehingga hal ini dapat diaplikasikan ke dalam dunia kerja meskipun dalam format daring. Tidak hanya itu, kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saat ini tidak ubahnya membuat mahasiswa menjadi merasa sendiri.

“Kegiatan ini mengajak mahasiswa tetap merasa sebagai bagian dari keluarga yang peduli harapannya bisa membuat mahasiswa tetap stay positive. Selain itu hal yang kecil ternyata bisa menjadi ‘besar’ jika dilakukan bersama-sama,” pungkas Arja Sadjiarto.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs