Minggu, 31 Mei 2020

Gugus Tugas Covid-19 Surabaya Lakukan Tracing Peserta IDEACLOUD 2020

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya sebagai keynote speaker di IDEACLOUD 2020, Minggu (15/3/2020). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Muhammad Fikser Koordinator Protokol Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan penelusuran seluruh peserta IDEACLOUD 2020 yang digelar 15 Maret 2020 lalu di Surabaya. Hal itu dilakukan setelah Tung Desem Waringin salah seorang pematerinya mengumumkan positif Covid-19.

“Kami melakukan penelusuran semua peserta, kami komunikasi dengan panitia dan direspons baik dengan memberikan nama data meski belum lengkap. Kami ingin menelusuri yang kontak dengan yang terkonfirmasi itu siapa saja sampai sejauh mana. Sekaligus melakukan pengawasan yang dilakukan tim dari Dinkes,” ujar Fikser kepada suarasurabaya.net, Senin (6/4/2020).

Fikser mengatakan, dalam acara tersebut juga sempat dihadiri Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya sebagai keynote speaker. Namun, Risma tidak dalam satu sesi dengan Tung Desem dan tidak pernah kontak langsung.

“Kita punya data, kami pastikan dia tidak kontak dengan ibu. Pada saat jam berbeda tidak satu sesi. Ibu datangnya pagi, sampaikan terus langsung balik setelah mengisi acara. Mereka ada di sesi siang,” kata Fikser.

Sekadar diketahui, Motivator Tung Desem Waringin mengabarkan bahwa dirinya positif Covid-19. Tung mengaku merasakan demam pada 18 Maret 2020. Pada 23 Maret, Tung melakukan tes darah dan paru yang kemudian hasilnya menunjukkan pada gejala Covid-19.

Contact tracing langsung dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang pernah kontak dengan Tung, untuk memutus rantai termasuk mendata sejumlah kegiatan yang pernah diikuti Tung Desem Waringin di antaranya Forum Inovasi IDEACLOUD 2020 yang digelar di Voza Premium Office, Jalan HR Muhammad Surabaya, Minggu (15/3/2020), yang dihadiri kurang lebih 1.500 perserta. (bid/ang/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Minggu, 31 Mei 2020
32o
Kurs