Rabu, 8 Februari 2023

Hari Ini, Pemerintah Pusat akan Distribusikan Ribuan APD ke Berbagai Daerah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden merespon banyaknya keluhan mengenai kelangkaan alat pelindung diri (APD) untuk dokter dan tenaga medis yang menangani Virus Corona (COVID-19).

Menurut Presiden, sekarang ini ada sekitar 180 negara yang terserang wabah Virus Corona, berebut mendapatkan APD seperti masker dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer).

Tapi, Jokowi bersyukur karena hari Sabtu (21/3/2020), Indonesia mendapat pasokan 105 ribu APD, dan rencananya hari ini akan didistribusikan ke berbagai rumah sakit yang menangani COVID-19 di Tanah Air.

Kata Presiden, sebanyak 45 ribu unit APD akan didistribusikan di DKI Jakarta, Bogor dan Provinsi Banten.

Kemudian, 40 ribu unit APD akan dikirim ke Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Lalu, sekitar 10 ribu APD akan didistribusikan ke seluruh provinsi di luar Jawa dan Bali. Sedangkan 10 ribu unit APD akan disimpan sebagai cadangan.

“Sekarang ini ada 180 negara kurang lebih semuanya berebutan untuk mendapatkan APD seperti masker dan hand sanitizer. Alhamdulillah, Sabtu kemarin kita telah siap lagi 105 ribu APD yang hari ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang ada di tanah air,” ujarnya usai memeriksa persiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, yang menjadi rumah sakit darurat COVID-19, Senin (23/3/2020).

Sebelumnya, berbagai elemen masyarakat menyampaikan kritik kepada Pemerintah Indonesia terkait penanganan wabah COVID-19

Yang belakangan menjadi sorotan adalah gugurnya sejumlah dokter dan perawat yang bertugas menangani pasien Corona.

Kelangkaan alat pelindung diri bagi tenaga medis, terindikasi sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya penularan virus.

Kalau permasalahan kelangkaan stok APD tidak bisa segera diselesaikan, hal itu sangat berbahaya bagi upaya Indonesia mengatasi wabah COVID-19. (rid/ang/rst)

Berita Terkait