Kamis, 28 Oktober 2021

Karya Wisata Virtual, Alternatif Belajar Saat Pandemi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Karya wisata yang biasanya langsung mendatangi suatu tempat, kini digelar lewat aplikasi teleconference. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Di tengah pandemi Covid-19, karya wisata virtual bisa jadi alternatif belajar menarik. Karya wisata yang biasanya langsung mendatangi suatu tempat, kini digelar lewat aplikasi teleconference.

Salah satunya yang dilakukan oleh SD Al Hikmah, Surabaya pada hari ini, Jumat (12/6/2020). Para guru di sekolah ini mengajak sekitar 180 siswa dari kelas 1 menjelajahi hanggar pesawat Juanda dari rumah.

Bambang Kepala Sekolah SD Al Hikmah Surabaya mengatakan, sebenarnya rencana awal karya wisata ini diadakan pada Maret 2020 lalu. Tapi, seperti diketahui, saat itu seluruh siswa diharuskan untuk belajar di rumah. Akhirnya, tercetuslah ide wisata virtual melalui zoom meeting.

“Ini juga menjadi jawaban dari tantangan saat ini yang mana kita dituntut untuk selalu mengedepankan keselamatan kesehatan di tengah wabah Covid-19. Intinya kami menggabungkan dua hal tadi yakni rasa ingin tahu anak tetap terwadahi dan anak tetap dalam kondisi aman,” ujar Bambang pada Jumat (12/6/2020).

“Ini mungkin belum sempurna akan tetapi diharapkan anak berimajinasi melalui pengamatan secara virtual terkait berbagai macam alat transportasi maupun alutsia yang ada di hanggar penerbangan Angkatan Laut,” tambahnya.

Karya wisata yang biasanya langsung mendatangi suatu tempat, kini digelar lewat aplikasi teleconference. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Di sisi lain, Pihak Puspenerbal menyambut baik kegiatan ini. Marsudi Wakil Ketua Rumah Pintar Juanda Cendekia menyampaikan, karya wisata virtual ini dapat menjadi alternatif berwisata sambil belajar di kenormalan baru.

Secara teknis, kegiatan ini dimonitor dari dua tempat, yakni dari sekolah oleh TIM IT sekolah dan dari Puspenerbal oleh TIM IT Puspenerbal.

Dalam wisata virtual ini, anak-anak diajak bertualang ke beberapa tempat menarik Puspenerbal. Diantaranya Rumah Pintar Juanda Cendekia, Primkopal Juanda, Museum Penerbangan TNI AL, Menuju Tower Lama Juanda yang ada di lantai atas museum, dan yang paling menarik adalah ke Hanggar Pesawat TNI AL, tempat di mana pesawat-pesawat milik TNI AL diparkir. (bas/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 28 Oktober 2021
27o
Kurs