Senin, 30 November 2020

KBS Tutup Sementara, Satwa Dipastikan Tidak Telantar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Choirul Anwar Dirut PDTS KBS (tengah berkacamata) saat bertemu awak media di KBS, Selasa (17/3/2020). Foto : Totok suarasurabaya.net

Kebun Binatang Surabaya (KBS) tutup sementara mulai Selasa (17/3/2020) sampai dengan Minggu (29/3/2020).

“Karyawan tetap masuk seperti biasa dengan mematuhi aturan serta ketentuan yang ada sehububgan penutupan sementara KBS. Penutupan sementara kali ini memang terkait penyebaran virus corona,” kata Choirul Anwar Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat konferensi pers, Selasa (17/3/2020).

Choirul juga memastikan kesejahteraan satwa terjamin, tidak akan telantar. “Justru pada saat penutupan sementara tersebut, kami akan secara intensif melakukan pemeriksaan kesehatan maupun pemenuhan kesejahteraan lainnya. Satwa justru mendapat perhatian khusus dari keeper maupun tim dokter. Karena itu tidak perlu dikhawatirkan,” tambah Choirul.

Terkait dengan kemungkinan setelah penutupan sementara KBS, Choirul memastikan bahwa pihaknya akan meningkatkan pemantauan terhadap pengunjung KBS dari mancanegara ketika kembali dibuka.

“Tentunya kami telah menyampaikan itu kepada setiap jajaran operasional PDTS KBS terkait pemantauan pada pengunjung manca negara. Namun demiikian, sampai saat ini terhutung sejak merebaknya virus corona belum terdeteksi adanya pengunjung manca negara yang bermasalah dengan kesehatan tubuh,” tegas Choirul.

Choirul menambahkan bahwa setelah penutupan sementara KBS terkait merebaknya virus corona, protokol sterilisasi kesehatan pada pengunjung akan lebih ditingkatkan.

“Saat ini saja, kami sudah sediakan sarana hand sanitizer di akses masuk dan keluar KBS. Termasuk pemasangan spray disinfektan yang akan mengenai setiap pengunjung KBS yang masuk dari beberapa pintu masuk KBS. Nanti sambil kami evaluasi protokol sterilisasi kesehatan bagi pengunjung tentu kami terus pantau untuk ditingkatkan,” pungkas Choirul.

Sementara itu dengan ditutupnya sementara KBS, Selasa (17/3/2020) aktivitas di KBS mulai dari loket, tempat parkir hingga bagian dalam KBS terlihat lengang.(tok/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Senin, 30 November 2020
29o
Kurs