Jumat, 26 April 2024

Pandemi Covid-19, Marinir Latih Kesiagaan Penindakan Massa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Latihan penindakan massa pada berbagai kemungkinan dilakukan prajurit Yonif 5 Marinir, di tengah pandmei Covid-19. Foto: Dispen Kormar

Di tengah pandemi Covid-19, prajurit Yonif 5 Marinir gelar latihan kesiapan gerak satuan dalam simulasi penindakan massa menghadapi berbagai kemungkinan.

Dalam rangka mewujudkan kesiapan gerak satuan ditengah pandemi Covid-19, prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir, Rabu (13/5/2020) melaksanakan latihan simulasi penindakan massa di lapangan Kesatrian Suroto ll Ujung, Semampir, Surabaya.

Kegiatan latihan yang dipimpin Letda Marinir Edi Kurniawan tersebut merupakan rangkaian dari kesiapsiagaan prajurit Yonif 5 Marinir dalam rangka merespon setiap perkembangan situasi di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Letkol Marinir Supriyadi, M.Tr Hanlao Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir mengatakan, latihan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kemampuan perorangan maupun satuan, dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi saat ini.

Sementara itu, di tempat berbeda Jalasenastri dan prajurit Kompi Markas Brigade Infanteri 2 Marinir (Kima Brigif 2 Mar), Rabu (13/5/2020) menerima safari komunikasi sosial (Komsos) tentang penanganan Covid-19 di lapangan apel Kima Brigif 2 Marinir Gedangan, Sidoarjo.

Safari Komsos yang dilaksanakan Staf Intel Brigif 2 Marinir dan Tim Kesehatan dari Balai Pengobatan R. Suhadi tersebut dibawah pimpinan Pasintel Brigif 2 Mar Letkol Mar Beni Rahim, S.Sos.

Pada kegiatan tersebut Mayor Marinir Indra Jayadi didampingi Serda APM Mutrofi menyampaikan beberapa materi, diantaranya pengertian Covid-19, cara penularan Covid-19, tanda dan gejala Covid-19, cara pencegahan, perbedaan ODP, PDP dan OTG, karantina mandiri, protokol pencegahan penyebaran virus corona yaitu cara mencuci tangan yang benar, penggunaan masker yang benar dan pelaksanaan physical distancing.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan tentang cara mencuci tangan dan memakai masker yang benar, dengan mempraktekkan secara langsung, yang diikuti seluruh prajurit dan Jalasenastri, dengan harapan cuci tangan secara benar tersebut dapat menjadi kebiasan sehari-hari dalam menjaga kebersihan.

Sebelum mengakhiri kegiatannya, Mayor Marinir Indra Jayadi mengharapkan agar seluruh prajurit dan Jalasenastri apabila ada keluarganya yang merasa kurang enak badan, segera berobat, selalu menggunakan masker, menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungan dengan tetap melaksanakan protokol penanganan pencecegahan Covid-19.(tok/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs