Rabu, 24 April 2024

Petugas Gabungan Semprot Kawasan Zona Merah Covid-19 di Surabaya Utara

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ratusan personel gabungan lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) diterjunkan Polda Jatim melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan zona merah COVID-19 di Surabaya Utara, Kamis (16/4/2020). Foto: Istimewa

Ratusan personel gabungan lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) diterjunkan Polda Jatim melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan zona merah Covid-19 di Surabaya Utara, Kamis (16/4/2020). Penyemprotan dilakukan menggunakan motor agar bisa masuk ke gang sempit.

Irjen Luki Hermawan Kapolda Jatim mengatakan, penggunaan roda dua ini karena sejumlah kawasan zona merah di Surabaya berada pada gang-gang sempit. Selain polisi, ada sejumlah pihak yang juga dilibatkan.

“Yang menggunakan roda dua, kami melibatkan dari TNI, dari Tagana, dari BPBD dan dari kepolisian. Kenapa kami mengambil ini, karena berdasarkan analisa yang kami lakukan beberapa hari ada kawasan khusus zona merah yang menjadi perhatian dari gugus tugas,” kata Luki usai memimpin apel di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (16/4/2020).

Luki menyebut ada 152 personel yang menggunakan 59 motor. Nantinya, juga ada tim dari Bhabinkamtibmas yang juga ikut dalam memberikan imbauan pencegahan Corona ke masyarakat.

“Jadi nanti selain menyemprot di kawasan zona merah juga ada bhabinkamtibmas yang melakukan penyuluhan,” imbuhnya.

Kawasan yang akan disemprot ini ada di sejumlah titik di Surabaya Utara. Rata-rata kawasan tersebut berada di wilayah padat penduduk.

“Tadi malam kami sudah lapor kepada Ibu Gubernur seperti nanti di Jalan Gresik, Jalan Pasar PPI, Jalan Demak, Jalan Jakarta, Jalan Jepara itu ada di daerah padat yang mana di situ banyak gangnya dan banyak permintaan dari masyarakat untuk penyemprotan,” papar Luki.

“Di sana juga sangat tinggi penyebarannya. Makanya hari ini saya akan melakukan bersama jajaran penyemprotan langsung door to door ke kawasan zona merah,” lanjut Luki.

Sementara petugas yang melakukan penyemprotan juga dilengkapi APD. Hal ini untuk menghindari penularan virus Covid-19.

“Yang selama ini kita secara acak menyemprot di wilayah-wilayah keramaian, namun sekarang agak berbeda karena kami lihat seluruh anggota menggunakan APD karena di situ memang zona merah. Jadi kami perintahkan untuk seluruh anggota menggunakan APD lengkap ini bukan untuk menakut-nakuti namun ini memang SOP-nya karena kawasan itu kawasan merah dan kami lakukan anggota yang datang ke sana menggunakan APD,” kata Luki. (bid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs