Selasa, 22 September 2020

Presiden Optimistis Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, Selasa (11/8/2020), memberikan keterangan pers, selepas meninjau proses uji klinis tahap ketiga bakal Vaksin Covid-19, di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Srtpres.

Joko Widodo Presiden optimistis pengembangan bakal Vaksin Covid-19 di Indonesia berjalan sesuai harapan.

Presiden juga menegaskan, pemerintah siap memproduksi massal sesudah ada vaksin yang efektif, kemudian memberikan vaksinasi kepada seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan Presiden, siang hari ini, Selasa (11/8/2020), selepas meninjau proses uji klinis tahap ketiga bakal Vaksin Covid-19, di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat.

Presiden berharap, uji klinis vaksin produksi Sinovac jadi langkah awal pengembangan dan penemuan Vaksin Covid-19 dengan target pencapaian akhir tahun ini.

“Kita optimistis dengan segera ditemukannya vaksin ini, kita bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyat. Kita harapkan nanti Insya Allah di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi. Kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut, pemerintah juga berupaya mengembangkan vaksin yang diberi nama Merah Putih, dari isolat Virus Corona jenis baru yang ada di Indonesia.

Pengembangan dan uji coba vaksin oleh Lembaga Eijkman, BPPT, LIPI, BPOM, Kemenristek, dan sejumlah universitas dalam negeri, ditarget selesai pertengahan tahun 2021.

“Jadi, kita mengembangkan full sendiri oleh Lembaga Eijkman, BPPT, LIPI, BPOM, Menristek, dan universitas-universitas yang kita miliki,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden juga menegaskan Pemerintah Indonesia membuka diri untuk kerja sama mengembangkan vaksin dengan negara lain seperti China, Uni Emirat Arab, Korea Selatan dan negara-negara G20.

“Saya rasa kita membuka diri (bekerja sama) dalam rangka secepat-cepatnya bisa melakukan vaksinasi ke seluruh Rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Sekadar informasi, sebelum meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga bakal Vaksin Covid-19, Presiden meninjau kesiapan dan fasilitas produksi PT Bio Farma.(rid/bid/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 22 September 2020
33o
Kurs