Jumat, 20 Mei 2022

Presiden: Vaksinasi Covid-19 Gratis Tidak Ada Kaitannya dengan BPJS

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang akan diselenggarakan pemerintah.

Menurut Presiden, vaksinasi penting untuk meningkatkan kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19, sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal.

Jokowi menegaskan, program vaksinasi Covid-19 gratis. Semua warga masyarakat bisa mendapatkan vaksin tanpa perlu membayar.

Presiden menepis isu vaksinasi cuma bisa diakses masyarakat pemilik kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Vaksinasi itu untuk semua rakyat tidak terkecuali supaya kita bisa kembali hidup normal. Tidak ada kaitannya dengan anggota BPJS. Kan ada isu yang divaksin hanya yang memiliki kartu BPJS, itu tidak benar. Semua warga bisa mengikuti vaksinasi,” ujarnya di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2020).

Lebih lanjut, Presiden mengatakan pemerintah masih menunggu penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait keamanan dan efektivitas vaksin untuk tubuh manusia.

Selain itu, pemerintah juga menunggu kajian Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kehalalan vaksin yang digunakan.

Kalau tahapan ilmiah sudah selesai dilakukan dan hasilnya baik, pemerintah akan segera melaksanakan vaksinasi massal.

Presiden sangat berharap seluruh masyarakat mengikuti program vaksinasi.

Sekadar informasi, dalam program vaksinasi, pemerintah menargetkan menyuntik Vaksin Covid-19 sebanyak 70 persen penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta orang.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
30o
Kurs