Jumat, 29 Maret 2024

Program Home Graduation, Sambangi Siswa di Rumah Sampaikan Kelulusan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara siswa SNA yang lulus dan didatangi pimpinan SNA dalam program Home Graduation. Foto: Humas SNA

Home Graduation, adalah program kunjungan kejutan ke rumah siswa langsung dan personal oleh pimpinan sekolah Singapore National Academy (SNA) kepada para siswa yang telah lulus menempuh pendidikan, dengan protokol kesehatan cegah Covid-19.

Dijadwalkan sepanjang bulan Juni 2020, pihak sekolah bersama sejumlah pimpinan dan guru akan datang dan hadir di rumah masing-masing siswa untuk menyampaikan kelulusan dalam program Home Graduation dengan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Peter Araman Academic Advisor dan Fenny Kodradjaja selaku Dean of Support and Services, dua pimpinan sekolah tersebut secara khusus turut hadir dalam kunjungan ke rumah masing-masing siswa ini.

“Setelah 12 tahun siswa berbagi kebahagian dan kesulitan bersama, kami ingin memastikan bahwa siswa-siswi yang telah lulus tahun ini tetap menerima ucapan selamat yang layak dengan kami secara pribadi mengunjungi setiap siswa di rumah dan mengejutkan mereka dengan Home Graduation,” terang Peter Araman, Selasa (9/6/2020).

Tidak seperti beberapa sekolah lain yang memilih perayaan kelulusan secara daring, Peter justru memilih untuk melakukannya secara tatap muka demi memelihara hubungan kekeluargaan yang telah terjalin dengan baik antara sekolah dengan siswa serta orang tua siswa.

Menurutnya hubungan dan pengalaman bersama yang telah dilalui siswa dengan sekolah tidak dapat diambil begitu saja oleh Covid-19. Karena itu, sangat penting bagi sekolah selama pandemi ini untuk tetap berjabat tangan dengan para lulusan dan berharap masa depan yang baik bagi mereka.

“Kami ingin terus mengingatkan kepada seluruh siswa bahwa meskipun mereka memulai perjalanan baru, keluarga SNA akan selalu menjadi pendukung dan pilar bagi mereka di masa depan mereka masing-masing,” ujar Peter Araman.

Meskipun pelepasan digelar secara tatap muka, Fenny memastikan protokol kesehatan tetap dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah, satu diantaranya adalah dengan memeriksa suhu tubuh dan kondisi setiap staf sebelum melakukan kunjungan ke rumah masing-masing siswa.

Selain itu, penyemprotan desinfektan pada atribut kelulusan yang akan diserahkan kepada siswa serta alat transportasi yang digunakan juga dilakukan oleh petugas kebersihan sekolah.

“Antisipasi kami menghindari penularan Covid-19, kami mengharuskan setiap staff yang berpartisipasi untuk menggunakan masker dan menjalankan physical distancing. Kami membatasi jumlah staff dalam mobil dan memberi jarak selama bertemu keluarga siswa di rumah. Selain itu kami menyediakan hand sanitizer dan spray desinfektan untuk digunakan sebelum masuk dalam rumah dan dalam mobil,” papar Fenny Kodradjaja.

Dijadwalkan kegiatan pelepasan siswa secara Home Graduation ini nantinya juga akan dilaksanakan bagi siswa lulusan TK dan SD Singapore National Academy (SNA) dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Peter Araman mengingatkan kepada segenap siswa yang telah lulus untuk selalu mengingat dan melakukan tindakan baik yang diilhami oleh kompas moral yang kuat dan jangan pernah takut untuk menjunjung tinggi nilai keadilan dalam kehidupan mereka selanjutnya nanti.

Dengan menjalankan hal itu, ditegaskan Peter Arman ke depan nanti SNA telah memenuhi misi membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui pendidikan yang sudah dijalani oleh para siswa.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs