Sabtu, 20 April 2024

Tingkat Kesembuhan Plasma Konvalesen hingga 99 Persen pada Pasien Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas mengenakan APD dan akan memasang sarung tangan saat akan melakukan layanan donor konvalesen di UTD PMI Kota Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menyatakan terapi plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 memiliki tingkat kesembuhan 99 persen sehingga para penyintas virus corona baru yang telah sembuh diharapkan mendonorkan darahnya untuk pengobatan pasien lain.

“Sekarang kami bersama Kementerian Kesehatan dalam hal ini Balitbangkes mengadakan uji klinis. Selama kami adakan uji klinis ini, karena kami sudah memberikan kurang lebih 900 plasma konvalesen itu diberikan pada pasien, kami mendapati hampir 99 persen itu sembuh,” kata Linda Lukitari Waseso Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat yang dilansir Antara, Jumat (27/11/2020).

Plasma konvalesen adalah terapi pengobatan pasien Covid-19 dengan menggunakan antibodi penyintas Covid-19 yang sudah sembuh untuk diberikan pada pasien yang masih sakit. Penyintas Covid-19 yang sudah sembuh memberikan antibodinya kepada pasien yang masih sakit melalui plasma darah. Plasma merupakan bagian dari darah yang merupakan 45 persen komponen darah.

Linda memastikan bahwa PMI telah memenuhi standar dari Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan (BPOM) tentang cara pembuatan obat yang baik (CPOB) sehingga dapat dipastikan plasma konvalensen yang diproses oleh PMI aman.

Dengan tingginya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 melalui terapi plasma konvalesen ini, diharapkan penyintas Covid-19 yang telah sembuh bisa mendonorkan darahnya secara sukarela untuk membantu pasien Covid-19 lain yang masih sakit.

Tentunya, kata dia, setiap pendonor darah secara umum ataupun yang merupakan penyintas COVID-19 akan dilakukan skrining kondisi kesehatan terlebih dulu sebelum diperbolehkan mendonorkan darahnya.

Khusus untuk penyintas Covid-19, kata Linda, terdapat pemeriksaan persyaratan lebih khusus.

“Yang mandatory kami memeriksakan empat penyakit, yaitu hepatitis B, hepatitis C, HIV/AIDS, dan sifilis,” kata Linda.

Saat ini, PMI juga masih kekurangan pasokan darah dikarenakan menurunnya angka pendonor di tengah pandemi Covid-19.

Dia juga mengimbau masyarakat mau mendonorkan darahnya untuk memenuhi kebutuhan darah bagi beberapa pasien dengan penyakit yang membutuhkan darah. (ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs