Kamis, 18 April 2024

Unitomo Gelar Kompetisi eSport, Raih Perhatian Milenial

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Peserta atau eSport Series 1 untuk jenis game "Mobile Legend" di Unitomo Surabaya, Minggu (30/8/2020). Foto : Humas Unitomo

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar Kompetisi Olahraga Elektronik atau eSport Series 1 untuk jenis game “Mobile Legend”, Minggu (30/8/2020).

Kompetisi eSport pertama diadakan Unitomo itu menarik antusias siswa di Surabaya. Sekurangnya diikuti 120 siswa SMA/SMK/MA, negeri maupun swasta, yang terbagi dalam 24 tim.

“Ini pertama kalinya dalam sejarah Unitomo menggelar kompetisi yang banyak digandrungi kaum milenial saat ini. Mungkin banyak yang memandang negatif ketika siswa bermain game, namun ketika sudah berkompetisi seperti ini, gamers memiliki sisi positif, seperti manajemen tim, fokus, dan mengatur strategi,” ungkap Meithiana Indrasari Wakil Rektor IV, dalam sambutannya membuka acara.

Meithiana menambahkan, meski antusias peserta luar biasa, ia mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan saat pertandingan.

“Kami salut dengan panitia yang menerapkan disiplin protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.”

Suyanto Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan bahkan berencana menjadikan eSport sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unitomo.

“Apalagi ini kan sudah menjadi cabang olahraga prestasi resmi yang sudah dipertandingkan di PON, Sea Games, ASIAN Games, serta Olimpiade. Bahkan sudah masuk Koni juga kan?” ujarnya.

Sementara Teguh Adi Putranto, ketua pelaksana menjelaskan, kompetisi eSport dilakukan setengah kompetisi untuk memerebutkan juara 1, 2, dan 3.

“Kompetisi ini berlangsung menggunakan sistem gugur, mulai babak penyisihan hingga semifinal. Selanjutnya di semifinal hingga final menggunakan sistem bertemu,” jelasnya.

Kompetisi eSport di Unitomo masih berlangsung, hingga nanti malam baru akan diketahui siapa juaranya. (cus/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs