Kamis, 22 Oktober 2020

Unusa Peduli Bagi Masker ke Pengendara Motor

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aktivis Unusa Peduli bagikan masker kain pada pengendara motor di traffic light Jalan Raya Darmo, Surabaya. Foto: Humas Unusa

Unusa Peduli membagikan masker kain kepada para pengendara sepeda motor, Rabu (22/4/2020) sebagai bagian perangi penyebaran Covid-19. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Peduli, Rabu (22/4/2020) bagikan masker kain pada para pengendara sepeda motor, sebagai bagian perangi penyebaran Covid-19.

Digelar di traffic light jalan Raya Darmo persis di sebelah Masjid Al Falah, aksi bagikan masker kain ini juga didampingi sejumlah petugas polisi agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas.

Muhammad Ghoffirin Ketua Unusa Peduli menyampaikan bahwa pembagian masker kain ini merupakan kegiatan yang sebelumnya juga sudah dilakukan dengan sasaran yang berbeda-beda. Di antaranya, adalah sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur.

“Sebelumnya, kami sudah menggelar pembagian masker kain di beberapa pondok pesantren di Surabaya maupun beberapa di luar kota Surabaya. Kali ini aksi bagi masker kain kami tujukan pada pengendara sepeda motor,” terang Ghoffirin.

Sengaja dipilih masker berbahan dasar kain yang dibagikan mengingat himbauan WHO terkait penggunaan masker dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah disampaikan secara global oleh lembaga kesehatan dunia tersebut.

“Masyarakat awam dianjurkan tetap memakai masker, tetapi tidak harus masker bedah, yang memang lebih dibutuhkan para tenaga medis yang menangani penderita Covid-19. Oleh karena itu kami sengaja bagikan masker berbahan kain yang bisa dicuci untuk dipakai kembali,” papar Ghofirin.

Membentangkan spanduk, para mahasiswa memberikan masker kain kepada pengendara motor yang terlihat tidak mengenakan masker. Namun demikian banyak juga pengendara yang sudah bermasker minta diberi sebagai persediaan.

“Buat persediaan dirumah. Dipakai kalau pas kerja. Soalnya kan kerjanya dijalanan juga. Lumayan, terimakasih sekali. Masker ini sangat berguna bagi kami yang tiap waktu dijalanan,” kata Subiyanto pengemudi ojek online.

Lebih dari 500 pak masker kain disiapkan Unusa Peduli yang dibagikan secara khusus bagi pengendara motor dijalanan pada aksi bagi masker yang melibatkan para wartawan sejumlah media di Surabaya, Rabu (22/4/2020) ini.(tok/iss/ipg)

 

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan Menjelang Exit Tol Gunungsari arah Satelit

Macet di Tol Waru arah Satelit

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Surabaya
Kamis, 22 Oktober 2020
34o
Kurs