Kamis, 25 April 2024

100 SMK Indonesia Jalin Kerja Sama dengan IDUKA di Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Acara "Link and Match Perkawinan Massal" yang digelar di Surabaya, 27-29 Januari 2021. Foto: Antara

Sebanyak 100 SMK negeri dan swasta dari seluruh Indonesia menjalin kerja sama dengan 20 Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA) melalui acara “Link and Match Perkawinan Massal” yang digelar di Surabaya, 27-29 Januari 2021.

Tjiptoadi Nugroho Kepala SMKN 1 Surabaya, Jumat (29/1/2021), mengatakan acara yang diinisiasi bersama SMKN 2 Probolinggo dan SMK A Yani Probolinggo merupakan bagian tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan pihaknya bersama IDUKA beberapa waktu lalu.

“Kerja sama SMKN 1 Surabaya dengan IDUKA beberapa waktu lalu saat ini kami imbaskan lagi kepada teman-teman SMK-SMK di seluruh Indonesia,” ujar Tjiptoadi, dilansir Antara.

Pria yang akrab disapa Cip tersebut menambahkan kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi SMK lainnya yang dinilai kurang percaya diri untuk menjalani link and super match dengan IDUKA.

Selama ini sekolah cenderung ragu-ragu untuk menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan IDUKA.

“Jadi melalui kegiatan ini kita pacu SMK lainnya untuk bekerja sama dengan industri. Sehingga diharapkan mereka juga mencetak lulusan yang baik dan andal,” kata dia.

Cip mengungkapkan hampir semua jurusan di SMK yang terlibat menjalin kerja sama dengan IDUKA, di antaranya di bidang Rekayasa Bisnis Managemen, IT dan Pemasaran.

“Kami harapkan kerja sama ini bisa memberikan pembelajaran sesuai kebutuhan pasar,” katanya.

Lutfi Isa Ansori Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Surabaya-Sidoarjo mengapresiasi kegiatan yang digelar SMKN 1 Surabaya untuk menjembatani SMK lain bekerja sama dengan IDUKA.

Isa berharap melalui kegiatan penyelarasan kurikulum sekolah dengan IDUKA ini, lulusan SMK mempunyai kompetensi, keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan dunia industri.

“Agar potensi ini sesuai, jadi ada tahapan yang harus dilalui di antara penyelarasan dan sinkronisasi kurikulum dan kurikulum 2013 terbuka bagi sekolah untuk berimprovisasi  dalam menjalin kerja sama industri,” kata dia. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs