Minggu, 4 Desember 2022

27 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Disuntikkan kepada Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Vaksin AstraZeneca. Foto: Reuters/Antara

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengungkapkan, per 31 Mei 2021, sudah 27 juta dosis vaksin Covid-19 disuntikkan kepada masyarakat lewat Program Vaksinasi Nasional.

Menurutnya, ada peningkatan jumlah penerima vaksin mencapai 500 ribuan orang per hari.

Peningkatan itu karena stok vaksin Covid-19 masih cukup, dan pemerintah terus berupaya mendatangkan tambahan.

Sekarang, kata Menteri Kesehatan, Indonesia punya stok 20 juta dosis vaksin. Dengan persediaan sebanyak itu, 500-650 ribu dosis suntikan bisa dilakukan setiap hari selama 30 hari ke depan.

“Alhamdulillah kita memiliki stok yang ada di tangan sekitar 20 juta dosis. Jadi kalau dibagi 30 hari, kita mampu menyuntik sebanyak 500-650 ribu suntikan per hari,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Lebih lanjut, Budi Gunadi menyebut program vaksinasi massal berhasil mengurangi risiko kematian para tenaga kesehatan dan tenaga medis yang menangani pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Tanah Air.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi massal Covid-19.

Targetnya, vaksin diterima 181 juta orang di seluruh Indonesia, untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Selain program vaksinasi gratis, ada juga Program Vaksinasi Gotong Royong kolaborasi pemerintah dengan perusahaan swasta yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Program vaksinasi mandiri yang diatur lewat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021, bertujuan mempercepat upaya mengatasi wabah Virus Corona.(rid/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Minggu, 4 Desember 2022
26o
Kurs