Sabtu, 20 April 2024

DPR Berharap CVR SJ-182 Bisa Cepat Ditemukan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Tim Penyelam TNI AL mengevakuasi temuan baru pecahan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dan bagian tubuh korban yang diambil dari bawah Perairan Kepulauan Seribu, ke KRI Tenggiri, Selasa (12/1/2021). Foto: Dok/Farid suarasurabaya.net

Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI mengapresiasi kerja tim pencarian dan evakuasi TNI Angkatan Laut (AL) yang telah berhasil menemukan bagian black box Flight Data Recorder (FDR) milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang berisikan rekaman data penerbangan.

Selain itu Azis juga mengapresiasi Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri yang telah berhasil mengidentifikasi empat korban kecelakan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Saya apresiasi, tim SAR Gabungan untuk meneruskan pencarian bagian black box lainnya yakni Cockpit Voice Recorder (CVR) sehingga bila ditemukan, keduanya maka akan mempermudah dan mempercepat penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat,” kata Azis Syamsuddin Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut, Azis meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk segera menindaklanjuti dan memproses FDR tersebut dan mengungkap hasil investigasi penyebab kecelakaan pesawat.

Kata dia, Tim DVI Polri dapat terus berupaya mengidentifikasi seluruh sampel bagian tubuh yang ditemukan oleh tim SAR gabungan, mengingat keluarga korban masih menunggu proses identifikasi jenazah.

“Tim dapat terus melakukan proses evakuasi korban dan puing pesawat dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang ditetapkan. Mengingat saat ini seluruh keluarga korban masih menunggu kejelasan nasib anggota keluarganya yang menjadi korban kecelakaan pesawat tersebut,” ujarnya.(faz/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs