Selasa, 28 September 2021

Gubernur Jatim Tekankan Langkah Preventif untuk Menghambat Laju Penyebaran Covid-19

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa bersama Eri Cahyadi saat meninjau penyekatan di Suramadu, Rabu (16/6/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, dalam kesempatan meninjau penyekatan di Suramadu sisi Surabaya pada Rabu (16/6/2021) menyatakan telah berkoordinasi dengan Bupati Bangkalan mengenai langkah preventif menekan laju penyebaran Covid-19.

Menurutnya, karena Bangkalan berbatasan dengan Surabaya dan Sampang, maka screening juga sebaiknya dilakukan di kedua wilayah itu.

“Kalau di Suramadu bagian Surabaya, Pemkot Surabaya bersama Polres dan Dandim melakukan screening di sini, maka sebaiknya juga dilakukan antisipasi dan kewaspadaan untuk Sampang,” kata Khofifah.

Apalagi, Gubernur menyebut, genome sequencing dari laboratorium Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) berdasarkan hasil penyekatan di akses Suramadu menemukan adanya mutasi Covid-19 Varian Delta India (B16172). Varian tersebut, diketahui memiliki kecepatan penyebaran yang lebih tinggi.

“Oleh karena itu, perlu kewaspadaan kehati-hatian dan protokol kesehatan yang ketat. Kemudian, tolong vaksinasi bagi yang belum. Saya rasa itu harus satu paket,” tegasnya.

Perlu diketahui, mulai Rabu (16/6/2021) Pemerintah Kota Surabaya fokus melakukan tes antigen  dan swab PCR di titik penyekatan Suramadu, khusus untuk para pengendara dari Surabaya yang akan melakukan perjalanan menuju ke Madura.

Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya dalam kesempatan yang sama mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi untuk para pengendara dari sisi Surabaya yang akan ke Madura, dan akan dilakukan swab di pintu masuk tol Suramadu sisi Surabaya.

“Sedangkan untuk para pengendara yang akan masuk ke Surabaya, pemeriksaan dan tes antigen akan dipusatkan di sisi Bangkalan, dengan bantuan tenaga medis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” terang Eri.

Eri juga menjelaskan, pihaknya hanya membantu testing di penyekatan Suramadu arah ke Surabaya. Ketika pengendara lolos dari testing penyekatan di Bangkalan, maka akan di tes saat melintas di penyekatan Suramadu sisi Surabaya. (ton/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
27o
Kurs