Kamis, 2 Mei 2024

Jokowi Resmikan Empat Embung di Jawa Tengah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden meresmikan Embung Bansari di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (14/12/2021), meresmikan empat cekungan yang dibuat untuk menampung air irigasi (embung), di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Masing-masing, Embung Bansari di Kabupaten Temanggung, Embung Dukun dan Embung Pagergunung di Kabupaten Magelang, serta Embung Tlogoguwo di Kabupaten Purworejo.

Keempat embung tersebut merupakan bagian dari 66 embung yang dibangun pemerintah tahun 2021.

“Hari ini saya datang ke Kabupaten Temanggung untuk meresmikan empat embung dari total 66 embung yang dibangun tahun 2021,” ujarnya di Kabupaten Temanggung.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam peresmian embung, antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, dan Muhammad Al Khadziq Bupati Temanggung.

Presiden berharap, keberadaan embung tersebut memberikan manfaat nyata buat produktivitas pertanian, penyediaan air baku, dan potensi pariwisata.

“Kami berharap dengan siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian bisa lebih baik dan juga bisa juga airnya dipakai untuk air baku di rumah-rumah, serta untuk pariwisata masyarakat,” katanya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, Embung Bansari yang dibangun dengan biaya Rp9,2 miliar punya kapasitas tampung 8,588 meter kubik dengan luas genangan 0,56 hektare.

Sedangkan Embung Dukun yang dibangun dengan biaya Rp8,4 miliar memiliki kapasitas tampung 16.395 meter kubik dengan luas genangan 0,578 hektare.

Lalu, Embung Pagergunung yang dibangun dengan biaya Rp4,2 miliar memiliki kapasitas tampung 7.500 meter kubik dengan luas genangan 0,32 hektare.

Sementara itu, Embung Tlogoguwo yang dibangun dengan biaya Rp11,6 miliar memiliki kapasitas tampung 15.775 meter kubik dengan luas genangan 0,573 hektare.(rid/iss)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs