Jumat, 29 Maret 2024

Kemenag Akan Gelar Muzakarah, Mengkaji Penyelenggaraan Haji saat Pandemi

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Umat Islam, dengan memakai masker dan menjaga jarak fisik, melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah saat musim Haji di kota suci Mekkah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020), di tengah pandemi penyakit virus corona (Covid-19) . Foto: Reuters

Waktu penyelenggaraan ibadah haji tahun ini semakin dekat, tapi belum ada keputusan apapun dari Pemerintah Arab Saudi. Jika nantinya Indonesia memberangkatkan jemaah untuk melaksanakan ibadah haji, bagaimana penyelenggaraan haji di masa pandemi?

Oman Fathurahman, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengatakan, pihaknya akan menggelar Muzakarah Perhajian (muzakarah: pertukaran pikiran tentang suatu masalah). “Muzakarah akan menjadi forum saling berbagi ide dan gagasan terkait tata kelola dan manajemen penyelenggaraan haji di masa pandemi ini,” ujar Oman dikutip suarasurabaya.net dalam laman kemenag.go.id.

Termasuk menjadi fokus pembahasan adalah manajemen seleksi jemaah jika ada pembatasan kuota haji.

Oman berharap, muzakarah akan menghasilkan rumusan yang berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas Kementerian Agama dalam memberikan bimbingan manasik haji kepada jemaah. Hasil muzakarah juga akan menjadi pengayaan pada para pembimbing ibadah haji.

Muzakarah, lanjut Oman, bisa menjadi ajang penyusunan mitigasi penyelenggaraan haji di masa pandemi. Aspek tinjauannya bisa dilihat dari berbagai hal, mulai dari kesehatan, hingga manajemen penyelenggaraan ritual ibadah dan manajemen layanan.

Khoirizi H Dasir, Direktur Bina Haji mengatakan, muzakarah rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Maret 2021. Saat ini, pihaknya tengah mematangkan materi dan narasumber.

Rencananya, Muzakarah akan diikuti 45 peserta, terdiri atas utusan Kemenag, Kemenkes, Komisi VIII DPR, Tim Krisis Manajemen, serta dari Ormas Islam, mulai dari NU, Muhammadiyah, Persis, DDI, dan Al Washliyah.

“Akan diundang juga IPHI, APHI, BNPB, praktisi haji, Forum KBIH dan KBIHU, serta asosiasi PIHK dan PPIU,” kata Khoirizi.

Lebih detil, dalam situs resmi kemenag tersebut, Arsyad Hidayat, Kasubdit Bimbingan Ibadah Haji menambahkan, sudah ada sejumlah tema yang akan dibahas dalam Muzakarah Perhajian 2021.

Tema tersebut antara lain: Kebijakan Kemenkes jika haji diselenggarakan di masa pandemi, Perkembangan penyelenggaraan umrah di Saudi selama pandemi, Kebijakan Penerbangan di Masa Pandemi, Penanganan Paspor di Masa Pandemi, Kebijakan Penanganan Covid di Tanah Air, serta Bagaimana Kebijakan Saudi dalam Penyelenggaraan Haji di masa pandemi. (ton/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs