Rabu, 24 April 2024

Kemungkinan Jemaah Calon Haji Berangkat Tahun Ini 30-50 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana umrah di Masjidil Haram di Mekah sambil mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial setelah pemerintah Arab Saudi melonggarkan pembatasan terkait pembendungan penularan Covid-19 di kota suci umat Islam ini pada 3 Oktober 2020. Foto: Kementerian haji dan umrah Arab Saudi/Reuters/Antara

Budi Darmawan Ketua Umum Asosiasi Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus mengatakan, berdasarkan informasi awal yang didapatkan, terdapat 30-50 persen kemungkinan keberangkatan haji untuk jemaah calon haji yang tidak bisa berangkat tahun kemarin.

“Informasi awal yang kami dapatkan, bahwa ada 30-50 persen ada kemungkinan keberangkatan haji,” kata Budi kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Tetapi melihat kondisi pandemi yang ada saat ini, Budi menambahkan, untuk jemaah yang sudah melunasi pembiayaan ibadah haji tahun kemarin untuk bisa berangkat atau tidak, itu menjadi suatu pertanyaan tersendiri.

“Kita tahu kondisi umrah. Beberapa hari yang lalu Pemerintah Arab Saudi merilis lagi untuk me-lockdown 20 negara pengirim jemaah umrah dan salah satunya termasuk Indonesia. Sehingga sampai saat ini jemaah umrah dari Indonesia tidak bisa masuk lagi ke Saudi Arabia,” imbuhnya.

Ia berharap, sembari menanti kepastian keberangkatan agar jemaah calon haji bisa mempersiapkan diri baik dari kesehatan maupun secara finansial, karena pasti banyak penyesuaian yang terjadi saat pelaksanaan ibadah di tengah pandemi.

“Dengan adanya pandemi banyak hal yang berubah baik dari regulasi, tes kesehatan, jumlah dan program haji dan itu perlu diantisipasi jemaah calon haji,” terangnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan terdapat peningkatan harga yang cukup signifikan, serta banyak ibadah haji yang sunah yang dikurangi seperti ziarah di Makkah atau Madinah.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs