Jumat, 25 Juni 2021

Ketua Persi Jatim: Pasien Covid-19 Meningkat Dalam Dua Minggu Terakhir

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi ruang isolasi covid-10. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan pasien kasus Covid-19 di sejumlah rumah sakit.

Hal ini disampaikan dr Dodo Anondo Ketua Perhimpunan Rumah Sakit (Persi) Jatim hari ini, Kamis (10/6/2021).

“Kita sedang memperhitungkan kira-kira 3-4 minggu setelah lebaran baru kita akan lihat perkembangannya. Kalau gak salah ini minggu keempat setelah lebaran, jadi pas itu itung-itungannya,” terang Dodo kepada Radio Suara Surabaya. 

Pria yang sekaligus menjabat sebagai Direktur RSI A. Yani ini menambahkan, juga terjadi peningkatan di ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di RSI A. Yani.

“Kalau dulu 8-10 dari ruang isolasi terus naik. Tiga hari lalu di angka 18. Kemudian kemarin naik ke 35. Hari ini 40,” terangnya.

Bahkan, kata Dodo, ia mendapat laporan ada rumah sakit yang mengalami peningkatan di atas 50 persen.

Dia kembali mengingatkan agar masyarakat kembali menaati protokol kesehatan dengan ketat supaya tidak kembali terjadi kasus peningkatan secara masif.

“Rumah sakit kan hilirnya, kalau hulunya gak dikurangi, akan terus terjadi seperti ini. Rumah sakit gak bisa nampung, semua full seperti bulan Januari-Februari kemarin yang kasus cari ventilator susah,” terangnya.

Kondisi saat ini diakuinya dirasa cukup berat oleh rumah sakit, terutama di Surabaya. Karena juga difungsikan sebagai rumah sakit penyangga dan rumah sakit rujukan dari daerah lain.

Dia mengimbau agar masyarakat yang sakit bisa langsung berobat ke puskesmas.

“Kalau sakit ke puskesmas, flu atau apa langsung ke puskesmas. Nanti akan dirujuk ke RS rujukan. Ada pasien kami yang positif, yang nganterin empat orang. Kan ada kemungkinan yang lainnya positif. Kalau ditangani dari Puskemas kan bisa di swab antigen juga yang nganter itu untuk mengurangi penularan yang meluas.”(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs