Jumat, 29 Maret 2024

Lebih dari 300 WNI di Arab Saudi Mengikuti Ibadah Haji

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jemaah haji melakukan tawaf, mengelilingi kabah, di Masjidil Haram dengan menjaga jarak pada ibadah haji tahun 2020 di Kota Mekah, Arab Saudi. Foto: Reuters/Saudi Ministry of Media

Sebanyak 327 warga negara Indonesia (WNI) mengikuti ibadah haji 1442 H yang digelar oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu, (17/7/2021).

“Saat ini sudah terdata 327 WNI yang menjadi jemaah haji tahun ini. Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jemaah sesuai prosedur di sana,” kata Endang Jumali Konsul Haji KJRI Jeddah, dalam keterangan di situs Kementerian Agama.

Menurut Endang, jemaah yang sudah terdata ini terdiri atas unsur diplomat (KBRI dan KJRI), Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta mahasiswa Indonesia dan sejumlah WNI lainnya, yang sudah lama menetap di Saudi.

Dia menambahkan, proses pendataan yang mengikuti ibadah haji tahun ini masih terus dilakukan. Terbuka kemungkinan data akan terus bertambah.

“Mungkin baru final saat wukuf di Arafah atau menginap di Mina. Jadi masih memungkinkan untuk terus bertambah,” jelasnya.

Tahun ini pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuka kuota haji sebanyak 60 ribu, khusus bagi warga Saudi dan ekspatriat yang sudah menetap di sana.

Mereka yang berkesempatan mengikuti ibadah haji kali ini dipilih dari lebih 500 ribu calon jemaah yang mendaftar.(dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs