Rabu, 17 Agustus 2022

Luncurkan Program Literasi Digital Nasional, Pemerintah Akan Sediakan 100 Ribu Beasiswa Tiap Tahun

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Johnny Gerald Plate Menkominfo dalam acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional secara virtual, Kamis (20/5/2021) Foto: Tangkapan layar Youtube Menkominfo

Johnny Gerald Plate Menteri Komunikasi dan Informatika menjelaskan, selain Program Literasi Digital, Kementerian Kominfo juga mencanangkan program Digital Talent Scholarship (Beasiswa Keahlian Digital) yang biasa dikenal dengan DTS.

Kata Menkominfo, beasiswa itu jumlahnya disediakan 100 ribu per tahun. Tujuannya adalah untuk mengasah keterampilan dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital.

“Menyediakan 100.000 beasiswa per tahun guna mengasah keterampilan digital di tingkat menengah untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital seperti big data, artifisial intelijen, machine learning, cloud computing, cyber security dan pemanfaatan kemajuan teknologi digital lainnya,” ujar Plate dalam acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional, Kamis (20/5/2021).

Kata Menkominfo, pelaksanaan program ini bekerja sama dengan 93 universitas dan politeknik di 34 provinsi di Indonesia. Sedangkan pengembangan keterampilan digital tingkat lanjutan dilakukan melalui program Digital Leadership Academy (DLA) yang terbuka bagi 300 pemangku kebijakan sektor publik dan privat setiap tahunnya.

Para peserta meliputi start up founders, kepala dinas kominfo di seluruh Indonesia, provinsi maupun kabupaten kota dan para pimpinan sektor di digital lainnya.

Demi memastikan kebermanfaatan dan keberlanjutan program-program SDM digital, kata dia, Kementerian Kominfo tidak dapat bekerja sendiri. Untuk itu, Plate minta dukungan kepada Presiden dan Kementerian/Lembaga lainnya sampai Kepala Daerah.

“Oleh karena itu kami tentu memohon dukungan dari bapak Presiden juga partisipasi aktif dari bapak ibu menteri, bapak Menteri Dalam Negeri, bapak Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, bapak ibu menteri dan pimpinan kementerian lembaga lainnya, para gubernur, para bupati dan walikota beserta jajaran untuk mensukseskan program ini. Ini merupakan suatu program kolaborasi secara horizontal dan secara vertikal pelibatan ekosistem secara menyeluruh di tingkat nasional kita,” jelasnya.

Menkominfo mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama memanfaatkan dan mengikuti kelas literasi digital yang terbuka luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Peluncuran program literasi digital nasional ini selaras dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang tahun ini.

“Kita rayakan Hari Kebangkitan Nasional ke 113 yang juga jatuh pada hari ini 20 Mei tahun 2020. Satu kesatuan kita sebagai bangsa saat ini ditunjukkan dengan semangat dan optimisme,” kata Plate.

Plate juga menyebut kalau acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional ini diikuti 350 ribu partisipan yang hadir melalui aplikasi zoom dan telah mencetak sejarah sebagai salah satu pertemuan dalam jaringan dengan peserta terbanyak. Momentum ini adalah titik transformatif.

“Di mana partisipasi saudara-saudari semua tidak hanya menandai Kebangkitan Nasional tetapi juga menunjukkan kebangkitan era baru, era digital Nasional Indonesia,” pungkas Plate.(faz/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
30o
Kurs