Kamis, 28 Maret 2024

Momentum Tingkatkan Produksi dan Perbaikan Infrastuktur Pertanian di Hari Tani

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Momentum 24 September 2021 ini khususnya menjadi perhatian bagi pemerintah daerah untuk terus menyediakan sarana dan prasana pertanian. Foto : Antara

Profesor Loekas Soesanto Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto mengatakan, Hari Tani Nasional 24 September 2021 ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan produksi di tengah pandemi Covid-19.

Seharusnya, kata dia, peningkatan produksi ini menjadi perhatian pemerintah daerah dengan terus menyediakan sarana dan prasarana pertanian, serta memberikan jaminan terhadap pemasaran produk pertanian.

“Masukan kami bagi pemerintah daerah agar terus menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan para petani. Nah, yang sangat dibutuhkan para petani adalah jaminan terhadap pemasaran hasil produksi pertanian,” katanya dikutip Antara, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, faktor besar yang akan meningkatkan produktivitas pertanian selain akses sarana dan prasarana produksi serta pemasaran adalah permodalan dan pendampingan berkelanjutan.

Adapun infrastuktur pertanian yang dibutuhkan petani saat ini di antaranya bangunan penyediaan irigasi, saluran irigasi, drainase, hingga infrastuktur jalan penunjang pertanian yang memadai.

“Pemenuhan infrastuktur harus memadai untuk mencapai indikator produktivitas yang optimal. Sehingga peningkatan produktivitas pertanian dapat mendukung ketahanan pangan di masa pandemi (Covid-19),” ujarnya.(ant/wld/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs