Jumat, 26 April 2024

Pemkab Sidoarjo Siapkan Tiga Jalur Beasiswa untuk Anak Yatim karena Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat memberikan bansos Covid-19 berupa Sembako kepada warga Desa Pagerwojo Kecamatan Buduran, Selasa, (3/8/2021). Foto: Istimewa

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berencana memberikan beasiswa pendidikan kepada anak yatim yang orang tuanya meninggal karena pandemi Covid-19.

“Melihat fenomena Covid yang begitu kuat di hari-hari ini, maka Dinsos (dinas sosial) kami arahkan hari ini untuk mendata setiap yatim atau yatim piatu korban dari Covid agar mendapatkan beasiswa itu,” ucap Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo usai memberikan Bansos Covid-19 di Desa Pagerwojo Kecamatan Buduran, Selasa, (3/8/2021).

Muhdlor mengatakan, beasiswa pendidikan menjadi salah satu dari 17 program kerja yang telah dijanjikannya. Tahun depan program beasiswa pendidikan tersebut akan direalisasikan, dengan target penerima sebanyak 10 ribu warga Sidoarjo.

Dia menjelaskan, ada tiga jalur untuk memperoleh beasiswa tersebut. Di antaranya jalur prestasi, jalur bagi pelajar tidak mampu, dan jalur prestasi keagamaan.

Jalur-jalur tersebut akan dikoordinir OPD yang bersangkutan. Seperti Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata yang bertanggung jawab terhadap pelajar di jalur prestasi, dan Dinas Sosial berada di jalur beasiswa bagi pelajar kurang mampu. Sedangkan jalur prestasi keagamaan seperti hafidz hafidzah akan dikoordinir oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Sidoarjo.

Gus Muhdlor menargetkan setiap tahunnya beasiswa tersebut dapat diberikan kepada 2 ribu pelajar.

“Melihat fakta di lapangan banyak korban Covid yang yatim piatu ternyata masih SD, SMP maka kita akan buka peluang itu termasuk beasiswa pemberian bantuan satu semester atau satu tahun untuk mereka,”ucapnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs