Selasa, 19 Maret 2024

Presiden Kerahkan Jajarannya Bergerak Cepat Menangani Dampak Erupsi Semeru

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pratikno Mensesneg. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memerintahkan jajarannya melakukan langkah-langkah tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi kemarin, Sabtu (4/12/2021).

Menurut Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Presiden selalu menerima laporan perkembangan di lapangan, dan memonitor situasi dari waktu ke waktu.

Baca juga: Logistik Awal dari BNPB Senilai Rp1,1 Miliar untuk Penanganan Semeru Sudah Meluncur

“Bapak Presiden sudah memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” ujar Mensesneg, Minggu (5/12/2021), di Jakarta.

Kemudian, Presiden juga memerintahkan supaya bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur tersedia secepatnya.

Baca juga: Lebih dari 800 Warga di Tiga Kecamatan Mengungsi Pascaerupsi Semeru

Pratikno melanjutkan, Jokowi Presiden juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

Karena, Indonesia memang berada di wilayah cincin api (ring of fire) yang rawan menghadapi aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi.

“Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat siaga, waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” imbuhnya.

Baca juga: 82 Gardu PLN Terdampak Erupsi Semeru dalam Proses Pemulihan

Atas nama Presiden, Wakil Presiden, pemerintah, dan seluruh rakyat Indonesia, Mensesneg juga menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan korban luka-luka.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Swt selalu memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para korban dan juga kepada kita semuanya, serta memudahkan kita dalam menghadapi setiap tantangan,” tandasnya.(rid/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
33o
Kurs