Sabtu, 28 Mei 2022

Tambahan Lima Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Kedatangan vaksin dari luar negeri. Foto: dok. suarasurabaya.net

Siang hari ini, Jumat (13/8/2021), Indonesia kembali menerima tambahan vaksin Covid-19 dari luar negeri, untuk program vaksinasi nasional.

Sekitar pukul 13.00 WIB, pesawat khusus membawa lima juta dosis Vaksin Sinovac dari China mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam keterangan pers virtual, Penny Kusumastuti Lukito Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan, dengan kedatangan vaksin tahap ke-36, Indonesia sudah dapat hampir 200 juta dosis.

“Siang ini Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 yang kesekian kalinya sejumlah lima juta dosis vaksin CoronaVac produksi Sinovac Biotech berbentuk vaksin jadi dalam kemasan vial. Kedatangan vaksin ini tentunya menambah lagi jumlah vaksin yang tersedia untuk program pemerintah dan ini juga sudah lebih 185 juta atau mendekati 200 juta dosis yang sudah ada di Indonesia,,” ujar Penny.

Menurutnya, tambahan vaksin menandakan upaya konkret pemerintah untuk memenuhi kebutuhan vaksin nasional.

Sampai hari ini, Indonesia sudah punya 185 juta dosis vaksin, dengan rincian 152,5 juta dosis Vaksin Sinovac, 16,1 juta dosis vaksin AstraZeneca, delapan juta dosis Vaksin Sinopharm, dan delapan juta dosis Vaksin Moderna.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan sebanyak 208 juta Penduduk Indonesia mendapatkan suntikan vaksin untuk menciptakan kekebalan kelompok.

Data Kementerian Kesehatan, per hari Kamis (12/8/2021), Penduduk Indonesia yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 51,8 juta orang.

Sementara penduduk yang sudah menerima vaksin dosis kedua baru sekitar 25,7 juta orang.(rid/den)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
27o
Kurs