Jumat, 29 Maret 2024

Telkomsel Lewati Jembatan Putus untuk Pulihkan Jaringan di Lumajang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Jembatan Gladak Perak yang berada di Jalan Raya Dampit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, putus setelah diterjang lahar dingin hasil erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Foto: Netter via e100

Telkomsel mengirimkan tim dari Kota Surabaya untuk memulihkan jaringan serat optik di Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari, Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Kerusakan jaringan operator seluler pelat merah ini terjadi di 11 titik dan mengakibatkan terganggunya sambungan komunikasi penggunanya.

Erwin Kusmawan Manager Corporate Communication Telkomsel Jawa Bali memastikan tidak ada Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel yang roboh. Hanya jaringan serat optik yang terdampak.

Baca Juga: Operator Seluler Berupaya Pulihkan Jaringan Komunikasi di Sekitar Semeru

Sampai Minggu sore (5/12/2021), tim Telkomsel sudah memperbaiki jaringan serat optik di tiga titik di Pronojiwo. Targetnya hari ini ada empat titik lagi yang harus on air.

“Kita sedang bekerja keras mengalihkan jalur yang selama ini melalui Lumajang ke Malang atau Surabaya. Tantangannya harus melewati jalan yang terputus (Jembatan Gladak Perak). Tim kami sudah berada di lokasi untuk menarik kabel serat optik,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya.

“Kalau kendalanya tidak terlalu signifikan, besok beberapa site juga bisa on air,” tambahnya.

Selain tim pemulihan, Telkomsel juga memberangkatkan tim CSR ke tempat pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Selain menyalurkan bantuan, Telkomsel juga memberikan layanan komunikasi gratis di empat tempat pengungsian.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs