Jumat, 26 April 2024

WHO Ingatkan Dunia Akan Kekurangan 1-2 Miliar Alat Suntik Vaksin Covid-19 Tahun Depan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas tenaga kesehatan sedang mempersiapkan proses vaksinasi Covid-19. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa dunia bakal kekurangan 1-2 miliar suntikan vaksin Covid-19 pada 2022, yang juga dapat berimbas pada imunisasi rutin dan mengurangi keamanan jarum suntik.

Lisa Hedman, pakar WHO mengatakan, otoritas-otoritas kesehatan nasional harus merencanakan kebutuhan mereka sejak awal untuk menghindari penimbunan, panic buying serta situasi semacamnya yang terlihat di awal pandemi dengan minimnya alat pelindung diri.

“Kita bisa mengalami kelangkaan alat suntik vaksin secara global yang dapat memicu masalah serius seperti memperlambat upaya imunisasi juga kekhawatiran tentang keamanannya,” katanya dalam konferensi pers PBB, Selasa (9/11/2021), Antara mengutip Reuters.

Kelangkaan akan menyebabkan penundaan pada imunisasi rutin, terutama bagi anak-anak dan layanan kesehatan lainnya, juga dapat mendorong pemakaian ulang alat suntik dan jarum suntik, terutama di negara-negara miskin, lanjutnya.

Sekitar 6,8 miliar dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di seluruh dunia, hampir dua kali lipat dari imunisasi rutin, sementara total kapasitas produksi alat suntik imunisasi sekitar 6 miliar per tahun, kata dia.

Itu artinya bahwa dunia bakal menghadapi kekurangan hingga dua miliar alat suntik tahun depan, kecuali lebih banyak produsen dialihkan untuk memproduksi alat tersebut, kata Hedman.

“Jika kita mengalihkan kapasitas dari satu jenis alat suntik ke jenis yang lain atau berupaya menambah kapasitas alat suntik khusus vaksin, hal itu membutuhkan waktu dan modal,” ujarnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs