Jumat, 9 Desember 2022

BMKG Prediksi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Wilayah Jatim

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) dilanda hujan pada Jumat (25/11/2022) hingga Sabtu (26/11/2022) dini hari.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat di kabupaten/kota Jatim untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari, untuk wilayah Kab. Mojokerto, Tuban, Nganjuk, Ponorogo, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Untuk siang dan sore hari, ada potensi hujan di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember dan Situbondo.

Di malam harinya ada wilayah Sidoarjo, Ngawi, Kota Kediri, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Sumenep. Sementara, pada dini hari hujan melanda di wilayah Gresik, Tuban, Jember dan Sumenep.

Suhu di udara di Jatim berkisar 14-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Arah angin dominan dari Barat-Barat Daya dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Peringatan dini tiga harian di Jawa Timur. Foto: BMKG

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.8 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.0 meter. Kondisi cuaca di seluruh wilayah perairan Jatim berpotensi turun hujan sedang hingga lebat.

Arah angin didominasi dari Tenggara-Selatan, kec. angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 14 knot (26 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2 hingga 0.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.2 sampai 1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8 hingga 2.0 meter.(tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
30o
Kurs