Selasa, 14 Mei 2024

BPBD Menyatakan Tidak Ada Kerusakan di Malang Akibat Gempa Jember

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tangkapan layar titik gempa magnitudo 6,2 yang berlokasi di 223 kilometer arah selatan, Kota Jember, Jawa Timur. Foto: BMKG

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan bahwa tidak ada kerusakan di wilayah Kabupaten Malang, akibat gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 yang terjadi di 223 kilometer arah selatan Kota Jember, Jawa Timur.

Fuad Fauzi Kepala BPBD Kabupaten Malang mengatakan bahwa hingga kurang lebih satu jam pasca gempa bumi tersebut, tidak ada laporan kerusakan yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang.

“Sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Kondisi di Kabupaten Malang, aman,” ujar Fuad di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022) dikutip Antara.

Pada Selasa (6/12/2022) kurang lebih pukul 13.07 WIB terjadi gempa magnitudo 6,2 yang berlokasi di 223 kilometer arah selatan, Kota Jember, Jawa Timur, dengan kedalaman sepuluh kilometer koordinat 10,70 derajat Lintang Selatan, 113,38 derajat Bujur Timur.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen dan Sumberpucung dengan skala intensitas II MMI (getaran nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Eddy Santoso salah satu warga Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mengatakan bahwa getaran gempa terasa ringan dan bukan merupakan guncangan yang cukup keras terjadi kurang lebih selama beberapa detik.

“Sempat terasa goyangan kecil pada saat terjadi gempa. Gempa dirasakan bukan yang keras, hanya sekitar 2-3 detik,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari BPBD Kota Malang dan BPBD Kota Batu juga menyatakan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait dampak kerusakan akibat gempa bumi tersebut.(ant/red/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs