Selasa, 5 Juli 2022

Hindari Macet, Ini Rekayasa Arus Lalin di Surabaya Vaganza

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Rekayasa arus lalu lintas (lalin). Rekayasa lalin diterapkan mulai dari kawasan Jalan Tunjungan Siola hingga Alun-alun Suroboyo yang menjadi rute Surabaya Vaganza 2022, Jumat (27/5/2022).

Menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pada pekan ini siap menggelar acara bertajuk ‘Surabaya Vaganza 2022’. Acara pawai kendaraan hias dan budaya tersebut digelar mulai pukul 15.00 WIB pada hari Sabtu (28/5/2022) besok.

Untuk mendukung kelancaran acara itu, pemkot melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas (lalin). Rekayasa lalin diterapkan mulai dari kawasan Jalan Tunjungan Siola hingga Alun-alun Suroboyo yang menjadi rute Surabaya Vaganza 2022.

Irwan Andeksa, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dishub Kota Surabaya menyatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa arus lalin selama pelaksanaan Surabaya Vaganza. Selama acara itu berlangsung, Jalan Tunjungan Surabaya akan ditutup total mulai pukul 15.00 WIB.

“Kita melakukan pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan Surabaya Vaganza ini. Bahkan, lokasi-lokasi parkir juga sudah kita siapkan untuk mensukseskan acara ini,” kata Irwan, Jumat (27/5/2022).

Ia menjelaskan, bahwa pengaturan dan pengalihan arus lalin diterapkan di kawasan yang menjadi rute acara Surabaya Vaganza. Yaitu, arus lalin dari Jalan Gemblongan menuju Jalan Tunjungan dialihkan ke Jalan Praban dan Jalan Genteng Kali. Lalu, arus lalin dari Jalan Blauran menuju Jalan Tunjungan/ Genteng Kali diarahkan lurus ke Jalan Bubutan.

“Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Genteng Kali Menuju Jalan Tunjungan dialihkan menuju Jalan Praban. Sedangkan, arus lalin dari Jalan Ngemplak/ Walikota Mustajab menuju Jalan Simpang Dukuh, dialihkan menuju Jalan Genteng Kali,” jelasnya.

Selanjutnya, Irwan juga menerangkan, bahwa arus lalin dari Jalan Basuki Rahmat menuju Jalan Gubernur Suryo dialihkan menuju Jalan Embong Malang. Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Pemuda menuju Jalan Yos Sudarso dialihkan menuju Jalan Panglima Sudirman. Dan terakhir, arus lalin dari Jalan Genteng Kali menuju Jalan Tunjungan/ Praban dialihkan menuju Jalan Undaan.

“Selama acara Surabaya Vaganza berlangsung, Jalan Kenari diterapkan buka tutup khusus untuk tamu Hotel Majapahit,” terangnya.

Pihaknya menegaskan, Dishub juga menerjunkan 100 personel untuk mendukung kelancaran Surabaya Vaganza. Para personel itu akan tersebar ke setiap persimpangan jalan serta traffic light.

“Para petugas itu akan membantu mengatur parkir para pengunjung hingga menata rambu dan barrier untuk kelancaran arus lalu lintas,” terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa persiapan kendaraan hias akan dilakukan di Jalan Johar pada tanggal 27 Mei 2022 pukul 18.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 12.00 atau pukul 13.00 WIB, kendaraan hias itu akan digeser ke Jalan Tunjungan.

“Untuk rute Surabaya Vaganza start dimulai dari Jalan Tunjungan Siola dan finish di Jalan Gubernur Suryo Alun-alun Suroboyo,” ujarnya.

Irwan menambahkan, bahwa sejumlah titik parkir untuk mendukung kegiatan Surabaya Vaganza juga telah disiapkan bagi para pengunjung. Yakni di gedung Siola, Jalan Genteng Besar, Jalan Praban, Embong Malang Sisi Kanan, Pasar Tunjungan, belakang Taman Apsari, Balai Pemuda, hingga Jalan Ketabang Kali sisi Timur.

“Di Jalan Genteng Kali atau di depan masjid juga bisa dijadikan untuk lokasi parkir,” jelasnya.(man/dfn)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs