Senin, 23 Mei 2022

Ini Cara Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak Jaga Fisik dan Profesionalisme

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Latihan Mingguan (Latmi) prajurit Satkopaska Koarmada II sebagai bagian mengasah serta meningkatkan keterampilan, dan profesionalisme. Foto: Dispen Koarmada II

Latihan rutin yang digelar setiap minggu oleh prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II, adalah untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme serta ketahanan fisik. Sebagai satuan khusus dari TNI AL yang memiliki spesialisasi Peperangan Laut Khusus dan Penanggulangan Teror di laut, Satkopaska dituntut akan hal tersebut.

Sejumlah materi disiapkan pada latihan mingguan (Latmi) tersebut meliputi OC (Obstacle Circle), VO MAKS, pemahaman peta (IMMP),Patroli, Kontak Drill, VBSS, dan Renang. Khusus untuk OC, setiap hari dilakukan prajurit Satkopaska usai mengikuti apel pagi. OC merupakan satu di antara kegiatan yang menguras banyak tenaga dan fisik yang sangat prima.

Selain kemampuan fisik, seorang prajurit Satkopaska juga harus memiliki ketelitian. Ini berlaku sewaktu mereka melaksanakan latihan Fast Rope, Stabo, Patroli dan Membaca Peta (IMMP). Latihan fisik lainnya yang termasuk materi wajib dalam Latmi yakni Renang, dimana para prajurit memiliki kemampuan berenang di atas rata-rata.

Sementara itu sebelum melaksanakan Latihan Mingguan, Kolonel Laut (P) Agus Yudho Kristianto Komandan Satkopaska (Dansatkopaska) Koarmada II memberikan penekanan kepada seluruh prajurit agar selalu siap dalam melaksanakan setiap kegiatan, dengan tetap memperhatikan prosedur keamanan latihan (zero accident).

“Meskipun rutin dilaksanakan tetapi kalian tetap harus serius dan perhatikan prosedur keamanan saat melakukan latihan,” tegas Dansatkopaska.

Lebih lanjut Dansatkopaska menambahkan bahwa dengan latihan mingguan yang dilaksanakan dengan cara pembinaan bertahap dan meningkat ini, diharapkan profesionalisme prajurit mampu terpelihara baik untuk mendukung tugas pokok prajurit Kopaska.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
31o
Kurs