Rabu, 24 April 2024

Jemaah Haji Indonesia Terakhir yang Sempat Dirawat di Saudi Sudah Tiba di Tanah Air

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Nasrullah Jasam Konsul Haji KJRI. Foto: Kemenag

Tim Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah kembali mengantar pulang seorang Jemaah Haji Indonesia yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Jemaah atas nama Abas Bahtiar Abdul Manan embarkasi Jakarta-Bekasi itu berangkat hari Jumat (9/9/2022) pukul 18.55 waktu Arab Saudi, dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (10/9/2022) pukul 09.00 WIB.

Alhamdulillah, jemaah haji atas nama Abas Bahtiar Abdul Manan sudah kami antara pulang kembali ke Tanah Air, setelah menjalani perawatan di Arab Saudi,” terang Nasrullah Jasam Konsul Haji KJRI Jeddah, dalam keterangan di laman resmi Kementerian Agama, dikutip Minggu (11/9/2022).

“Abas Bahtiar merupakan jemaah haji 1443 H terakhir yang pulang ke Indonesia setelah dirawat di Arab Saudi. Jadi sudah tidak ada lagi jemaah haji 2022 yang di Tanah Suci,” sambungnya.

Nasrullah menjelaskan, Abas Bahtiar diantar pulang ke Tanah Air setelah dinyatakan boleh terbang, ditandai dengan terbitnya Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi.

“Abas Bahtiar kami antar pulang ke Indonesia dalam keadaan berbaring. Doakan, semoga semua jemaah haji Indonesia sehat, berkumpul kembali dengan keluarganya,” harapnya.

Seperti diketahui, operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H telah dinyatakan berakhir oleh Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama pada 18 Agustus 2022 lalu.

Tapi, masih ada delapan jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi. Enam jemaah sudah pulang ke tanah air, dua jemaah wafat dan dimakamkan di Arab Saudi.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs