Sabtu, 27 April 2024

Kecelakaan Bus, Konsul Haji: 49 Jemaah Sehat dan Sudah Umrah, Satu Dirawat di RS Makkah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kecelakaan bus. Grafis: suarasurabaya.net

Bus yang membawa jemaah umrah Indonesia mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan dari Jeddah ke Makkah, Selasa (25/10/2022). Kecelakaan terjadi di daerah Kholidiah, Makkah, sekitar pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Mengutip dari laman Kemenag, dua korban tewas dalam kecelakaan itu yakni sopir bus dan Muthawwif (pembimbing ibadah). Keduanya merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Arab Saudi.

Nasrullah Jasam Konsul Haji KJRI Jeddah mengatakan bahwa tidak ada jemaah umrah yang meninggal saat kecelakaan terjadi.

“Jemaah umrah Indonesia tidak ada yang meninggal. Namun, ada lima jemaah yang mengalami luka ringan, terdiri atas tiga jemaah perempuan dan dua jemaah laki-laki. Selain itu, ada satu jemaah perempuan yang mengalami luka berat,” terang Nasrullah melalui pesan singkat, Kamis (27/10/2022).

Dia melanjutkan, jemaah yang mengalami luka parah langsung dibawa ke ICU RS An-Nur Makkah. Kini kondisinya telah membaik dan diperkirakan Jumat (28/10/2022) bisa keluar dari rumah sakit. “Semoga bisa segera umrah,” harap Nasrullah.

Jemaah yang mengalami luka ringan dan selamat dari kecelakaan itu, mereka dapat melanjutkan perjalanan menuju hotel mereka di Makkah. Sebanyak 49 jemaah umrah telah melaksanakan umrah.

Rombongan 50 jemaah umrah berangkat melalui Travel Mubina (Muasasah Abu Sarhad). Mereka mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah sekitar pukul 19.00 WAS. Sekitar pukul 21.00 WAS, mereka diberangkatkan dari bandara King Abdulaziz Jeddah menuju Makkah.

“Jemaah rencananya akan tinggal di Makkah sampai 3 November 2022. Setelah itu, mereka akan ziarah ke Kota Madinah,” papar Nasrullah.

“Setelah empat hari di Madinah, jemaah direncanakan akan pulang ke Indonesia pada 8 November 2022,” tandasnya.(tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs