Minggu, 5 Mei 2024

Malaysia Minta Investigasi Menyeluruh Terhadap Penembak Pesawat MH17

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penyelidik Belanda dan anggota Kementerian Darurat bekerja di lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di dekat desa Hrabove, Donetsk, Ukraina timur.

Malaysia berduka pada peringatan kedelapan tahun tragedi Airlines MH17 yang ditembak jatuh di wilayah Donetsk Ukraina, dan menyerukan investigasi independen serta menyeluruh terhadap penembak pesawat tersebut.

Saifuddin Abdullah Menteri Luar Negeri Malaysia mengatakan, Malaysia berduka atas hilangnya 298 nyawa yang ada dalam penerbangan MH17 yang ditembak jatuh delapan tahun lalu itu.

“Malaysia akan terus memberikan komitmen teguh pada anggota Tim Investigasi Gabungan (JIT) dan berharap proses peradilan transparan, dalam upaya untuk mencari kebenaran, keadilan dan akuntabilitas,” ujar Saifuddin, seperti dikutip Antara Senin (18/7/2022).

Ia menambahkan, Malaysia telah menyerukan dan mendukung proses investigasi yang independen dan menyeluruh terhadap para penjahat yang didakwa di Kejaksaan Nasional Belanda.

Hanya proses hukum yang komprehensif, yang dapat memberikan keputusan adil dan setimpal. Malaysia sangat puas dengan kemajuan yang dicapai selama ini.

“Kami memanjatkan doa untuk keluarga yang berduka karena kehilangan orang yang mereka cintai dalam kecelakaan MH17. kami akan melakukan segala upaya untuk mendapatkan keadilan atas insiden tragis itu,” jelas Saifuddin.

Sementara itu, Saifuddin juga memberikan penghargaan Malaysia pada Tim Invertigasi Gabungan (JIT) atas ketekunan dan konsistensinya dalam proses penyelidikan para tersangka dalam penembakan MH17. (ant/des/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs