Sabtu, 27 April 2024

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Sambut Ribuan Jemaah dengan Konsep Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dekorasi mini taman dan air mancur yang menghiasi Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Sabtu (2/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Suasana Bulan Ramadan kembali menyelimuti Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, yang ditandani dengan hadirnya 6.500 jemaah tarawih di hari pertama pada Sabtu (2/4/2022).

Hal itu disampaikan oleh Helmy Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar bahwa jemaah sudah rindu suasana tarawih di Masjid Nasional Al-Akbar ini.

“Kami tahu masyarakat sudah sangat rindu dengan suasana ramadan, untuk itu kami siapkan konsep baru yaitu mini taman, air mancur dengan permainan lighting di pintu timur, dan booth foto yang Instagramable,” kata Helmy di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada suarasurabaya.net.

Konsep baru yang ditampilkan oleh Masjid Nasional Al-Akbar ini, banyak digunakan jemaah untuk berfoto dan bersantai di taman berukuran mini selepas beribadah.

“Asalkan jemaah senang maka kami juga senang yang terpenting mereka tetap menaati peraturan yang telah kami buat seperti protokol sebelum masuk masjid,” kata Helmy.

Selain protokol pengecekan suhu, jemaah juga dibagikan kantung tas kresek yang mayoritas digunakan sebagai wadah sandal dan ditaruh tepat di depan shaf mereka yang diberi jarak 50 sentimeter.

Pada malam pertama, tarawih di Masjid Nasional Al-Akbar ini dimulai pukul 19.30 WIB seusai tausiyah shalat isya dan berakhir pukul 20.30 WIB, imam shalat relatif membaca surat-surat pendek.

Masjid Nasional Al-Akbar juga memberikan jemaah takjil untuk berbuka bagi mereka yang mengikuti program ngaji ngabuburit, yang berlangsung hingga menjelang adzan maghrib.

“Bagi yang hanya datang saat adzan maghrib kami menyediakan minum air putih, program ngaji ngabuburit ini kami buat untuk memberikan kualitas edukasi ibadah, supaya jemaah yang datang ke masjid bukan untuk mencari takjil saja” tuturnya.

Helmy juga menambahkan bagi masyarakat Surabaya yang rindu untuk salat malam di Masjid Nasional Al-Akbar, maka pada tahun ini akan kembali digelar.

“Jadi banyak sekali yang mengirim pesan ke instagram maupun ke e-mail kami untuk mengadakan salat malam, untuk itu kami akan kembali mengadakan salat malam pada 10 hari menjelang berakhirnya Ramadan,” pungkasnya.(wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs