Jumat, 29 Maret 2024

MUI Jabar Imbau Warga Setempat Gelar Shalat Ghaib, Doakan Pencarian Anak Ridwan Kamil

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat saat memantau pencarian anak sulungnya di Sungai Aaree Kota Bern, Swiss. Foto: Humas Kemenlu-KBRI Bern.

Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Barat (MUI Jabar) mengimbau warga setempat untuk menggelar shalat gaib terkait dengan pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil yang sudah memasuki hari keenam.

“Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari ini, sebaiknya bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya,” kata Rafani Akhyar Sekretaris MUI Jabar, Rabu (1/6/2022) dilansir Antara.

Menurut Rafani Akhyar, anjuran tersebut berdasarkan kondisi proses pencarian Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss oleh tim SAR yang hingga saat ini belum membuahkan hasil. Sementara proses pencarian saat ini sudah memasuki hari keenam, sejak Eril dilaporkan hilang pada Kamis (26/5/2022) lalu.

Rafani mengatakan, shalat gaib dilakukan bukan mendahului nasib dari Eril yang belum mendapatkan titik terang, namun hal itu bagian dari ikhtiar dan menolong Emmeril.

“Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan kita bisa segerakan shalat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Shalat gaib ini kan mendoakan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, MUI Jabar sejak awal sudah memberikan imbauan resmi pada warga dan MUI tingkat kabupaten/kota, untuk menggelar doa bersama agar Eril bisa segera ditemukan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga dalam keadaan selamat.

Rafani mengatakan MUI Jawa Barat dan MUI tingkat kabupaten/kota bersama Wakil Gubernur Jabar, pejabat eselon II dan keluarga menggelar doa bersama di Gedung Negara Pakuan Bandung.

MUI juga terus mengimbau agar warga memberikan dukungan dan empati kepada Ridwan Kamil Gubernur Jabar dan keluarga, agar Eril dapat ditemukan dalam keadaan selamat.

Sementara itu, Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat sebelumnya mengaku, bahwa keluarga telah ikhlas atas apapun takdir yang terjadi pada Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, beberapa hari lalu.

“Pencarian hari ini sudah selesai, kemudian dilanjutkan lagi hari berikutnya. Dari pihak keluarga sudah ikhlas apapun nanti yang akan menjadi takdir dari Eril,” ungkap Erwin, Rabu (31/5/2022). (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs