Rabu, 30 November 2022

Pekan Pertama Surabaya Bergerak, Warga 100 RT Antusias Kerja Bakti

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga turun langsung membersihkan sendimen sungai di Jalan Kutai, Darmo, Surabaya, Minggu (13/11/2022). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Hari pertama pelaksanaan “Surabaya Bergerak”, Minggu (13/11/2022) pagi ini, berlangsung dengan antusiasme warga yang tinggi.

Dari 100 RT/RW dari banyak kelurahan di Kota Surabaya yang terdaftar di bergerak.surabaya.go.id, mayoritas kompak untuk melaksanakan kerja bakti di wilayahnya.

Kerja bakti tersebut, mulai dari membersihkan saluran air baik selokan maupun sungai, perampingan pohon di pemakaman, hingga membersihkan sampah di pemukiman warga.

Gotong royong pengangkutan hasil perantingan pohon di Makam Islam Jemur Wonosari Surabaya, pada Minggu (13/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Arif Budiarto Kabag Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Surabaya mengatakan, dari laporan yang diterimanya seluruh kegiatan berlangsung dengan baik.

“Kompak dan kuota terpenuhi. Padahal, gebyar-gebyarnya baru tanggal 10 kemarin pas diresmikan. Kami (Pemkot) belum bisa turun langsung mendampingi, tapi minggu depan kita usahakan hadir langsung,” ujarnya pada Radio Suara Surabaya, Minggu siang.

Terkait kendala hari pertama, kata Arif, yakni truk-truk DLH yang kesulitan masuk ke jalan-jalan kecil atau gang untuk mengambil karung berisi sampah/sendimen, hasil kerja bakti. Namun, hal tersebut akan dilakukan evaluasi untuk pelaksanaan pekan depan.

“Kita evaluasi juga untuk pengambilan karung akan kita distribusikan langsung ke Kelurahan,” ucapnya.

Sementara terkait sungai di kawasan Krembangan yang dasar sungainya cukup dangkal karena tumpukan sendimen, lanjut Arif, akan diagendakan untuk sekalian dibersihkan pekan depan.

“Itu memang saluran termasuk beberapa yang sudah lama tidak dibersihkan. Hari ini belum bisa kita laksanakan (pembersihannya) karena memang masih ada agenda lain,” Jelasnya.

Seorang warga Kampung Banyu Urip RT 3 RW 7 Kota Surabaya, tengah membersihkan selokan di salah satu gang, Minggu (13/11/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Terakhir, untuk lebih meningkatkan antusiasme warga ikut “Surabaya Bergerak” pekan depan, Pemkot akan lebih gencar lagi mensosialisasikan lewat camat dan lurah.

“Kita berharap Surabaya selain jadi aman dan tentram, juga punya lingkungan yang sehat. Supaya menunjang untuk tingkat kesehatan dan kesejahteraan warga Surabaya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program ini mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Rabu, 30 November 2022
25o
Kurs