Sabtu, 27 April 2024

Pertamina EP Regional 4 Zona 11 Temukan Cadangan Gas di Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Perwira Pertamina memeriksa Stasiun Pengumpul (SP) 02 di Kelurahan Kampung Enam, Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (21/10/2022). PT Pertamina EP Tarakan Field saat ini memproduksi minyak 1.913 barrel per hari (BPOD) dan mampu memproduksi gas mencapai 2,37 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Foto: Antara

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina EP Regional 4 Zona 11 menemukan cadangan gas di Jawa Timur setelah Pertamina EP melakukan pengembangan pengeboran sumur eksplorasi Kolibri (KOL)-001 di selatan wilayah kerja Onshore Cepu, Jawa Timur.

Pengeboran sumur eksplorasi tersebut dilakukan di Batugamping Formasi Kujung sebagai objektif utamanya.

“SKK (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi) Migas dan Pertamina EP saat ini masih melakukan evaluasi dan tes untuk mengetahui nilai kandungan gas dari lokasi tersebut,” kata Mohammad Kemal Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Kemal mengatakan pihaknya sedang memantau volume aliran gas dan pembersihan lokasi pemboran.

Menurut dia, temuan tersebut merupakan kolaborasi antar semua pihak untuk terus berkomitmen melakukan eksplorasi untuk meningkatkan produksi migas nasional.

“SKK Migas dan KKKS terus melakukan eksplorasi secara masif, agresif dan efisien untuk mengejar target satu juta barel minyak dan 12 BSCFD gas tahun 2030,” ungkap dia.

Tajak Sumur Eksplorasi Kolibri (KOL)-001 ini, guna menemukan indikasi hirokarbon gas. Pengeboran tersebut sudah dimulai sejak 3 Juli 2022 dan mencapai kedalaman 2592 FTMD pada 2 Oktober 2022.

Para pekerja divisi operasi Pertamina EP di bawah pemantauan SKK Migas masih mengamati keseimbangan gas yang keluar dari sumur eksplorasi sejak Sabtu (22/10/2022).

Validasi sumber daya minyak dan gas menunjukkan hasil positif yang juga terjadi di wilayah kerja PHE ONWJ yang merupakan Regional 2 Bekasi Jawa Barat.

Berdasarkan hasil validasi Sumur GQX-1, sumber daya secara kluster GQ-GQS-GQX mencapai 106.8 juta BOE (Barrel of Oil Equivalent). Temuan antara 100 – 500 juta masuk dalam kategori penemuan very large atau big fish, setara dengan kurang lebih temuan (Sumur) Hidayah oleh petronas yang sekarang sudah memasuki POD (Plan of Development), kata dia.(ant/tik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Sabtu, 27 April 2024
Kurs