Kamis, 25 April 2024

PPKM Level 1, Ruang Publik Surabaya Siap Dibuka 100 Persen

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ridwan Mubarun plt BPBD memberikan informasi lanjutan PPKM level 1 Kota Surabaya setelah meninjau Pasar Turi Baru Surabaya, Selasa (22/3/2022). Foto: Tim Suara Surabaya

Ridwan Mubarun Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya mengumumkan PPKM Surabaya yang sudah berada di level 1.

Adapun beberapa tempat yang sudah bisa dimaksimalkan penggunannya di level satu ini sampai 100 persen. Seperti taman kota, mall, supermarket, tempat ibadah, bioskop serta terdapat rencana dibuka kembali car free day di Kota Surabaya.

“Kalau level 2 kemarin 75 persen, kini beberapa tempat bisa sampai 100 persen digunakan,” kata Ridwan Mubarun saat dijumpai setelah peninjauan Pasar Turi Baru Surabaya, Selasa (22/3/2022).

Kendati demikian, terdapat beberapa hal yang belum diatur dalam Inmendagri Tahun 2022 seperti pemberlakuan jam operasional supermarket dan mall terkait perubahan level 1 ini.

“Untuk kejelasan jam operasional di level satu ini akan kami rapatkan lagi, namun untuk sementara operasional pusat perbelanjaan masih sama seperti sebelumnya yaitu pukul 22.00 WIB berlaku sejak 22 Maret – 4 April 2022,” Ujarnya.

Namun untuk pembelajaran tatap muka (PTM) SD dan SMP kata Ridwan setelah meminta pendapat dari para ahli, pihaknya masih menetapkan PTM dibatasi 50 persen.

Ridwan mengatakan setiap kondisi PPKM akan selalu ditinjau secara bertahap untuk mengubah peraturan dan pemberlakuan yang belum diatur sesuai dengan kondisi PPKM level 1.

Plt BPBD itu juga menyebut postivity rate Covid-19 di Surabaya kian hari semakin menurun. “Positivity rate kalau level 1 itu dibawah lima, sedangkan saat ini kita berada di angka enam,” pungkasnya.(wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs