Selasa, 27 September 2022

Semarak 17 Agustus di Washington D.C.

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
KBRI Washington D.C.. Foto: kemlu.go.id

Gema kemerdekaan Indonesia tidak hanya terasa di dalam negeri. Antusiasme warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di luar negeri pun turut membuat perayaan 17 Agustus semakin meriah.

Seperti di Washington D.C., Amerika Serikat, yang menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Menurut Ariono Arifin, Jurnalis Voice of America mengatakan, rangkaian kegiatan perayaan kemerdekaan Indonesia di Washington D.C. sudah dimulai sejak akhir bulan Juli.

“kayanya dari akhir Juli udah mulai persiapan, karena acaranya kan macem-macem ya, jadi setiap weekend itu ada kaya festival, terus ada lomba jalan sehat, lomba bersepeda, dan lain-lain” kata Ariono saat dihubungi Suara Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Ariono menjelaskan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan melangsungkan upacara bendera di kediaman duta besar Indonesia, tepatnya di pusat kota Washington D.C. Seluruh WNI yang mengikuti upacara sudah melewati registrasi yang cukup ketat.

“Pihak KBRI sangat hati-hati dalam menyelenggarakan upacara ini. Peserta yang datang harus mendaftarkan diri melalui pendaftaran online. Registrasinya cuma bisa satu orang satu, harus membawa paspor dan identitas resmi seperti KTP atau SIM, membawa bukti vaksinasi lengkap, juga tidak diperkenankan membawa tas ransel dan tidak membawa senjata api. Serta yang paling penting tidak membawa atau memakai atribut partai politik, maupun yang mengadung unsur SARA, semua wajib melewati pemeriksaan barang bawaan”ujarnya.

Selain upacara bendera, KBRI Washington D.C. juga akan menyelenggarakan bazar dan panggung gembira. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 21 Agustus mendatang.

Ariono mengatakan, diselenggarakannya perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini menjadi momen untuk mengungkap rasa rindu dan rasa cinta terhadap tanah air bagi WNI di Washington D.C. Serta bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat Amerika dan sekitarnya. (gat/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
30o
Kurs