Sabtu, 27 April 2024

Tim SAR Evakuasi Satu Lagi Jenazah Korban Gempa di Cianjur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas mengevakuasi satu jenazah korban gempa bumi di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Minggu (27/11/2022). Foto: Antara

Tim SAR gabungan mengevakuasi satu jenazah korban gempa bumi di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 09.50 WIB.

Petugas menemukan seorang jenazah pria dewasa dengan tanda lahir titik hitam pada lengan kanan atas. Pria itu memakai baju abu-abu bermotif garis dan celana kain warna hitam.

Petugas langsung membawa jenazah yang ditemukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, dan langsung diproses identifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Sabtu (26/11/2022), sebanyak 318 orang meninggal dunia akibat guncangan gempa yang melanda Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022.

Selain itu, gempa juga menyebabkan 7.729 orang terluka dan 108 orang di antaranya dirawat di rumah sakit karena terluka berat.

Sebelumnya, Jumaril Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung mengatakan, tim SAR sedang fokus mencari korban di wilayah Warung Sate Shinta, Cijedil, dan Cicadas.

Berdasarkan laporan yang diterima, ketiga area tersebut masih ada warga yang dinyatakan hilang.

Dia mengatakan, tim SAR mengerahkan alat berat dan anjing pelacak untuk membantu pencarian korban gempa.

Menurut Jumaril, kendala yang dihadapi petugas dalam upaya pencarian selama enam hari adalah kondisi cuaca yang tidak mendukung dan gempa susulan.

“Basarnas sudah menempatkan safety officer (petugas keamanan) di setiap area untuk memantau pergerakan yang sekiranya bisa membahayakan tim SAR gabungan,” tandasnya.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs