Senin, 6 Mei 2024

Absen Empat Tahun, Brasil Kembali Gabung Persatuan Negara Amerika Selatan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Bendera negara Brazil. Foto: iStockphoto

Brasil mengumumkan pada Jumat (7/4/2023) mereka kembali bergabung ke Persatuan Bangsa-bangsa Amerika Selatan (Union of South American Nations/UNASUR), sebuah badan antarpemerintah regional setelah absen selama empat tahun.

Keputusan yang ditandatangani Luiz Inacio Lula da Silva Presiden Brasil itu akan mulai berlaku 5 Mei, menurut sebuah pernyataan dari Planalto, atau Kantor Kepresidenan.

UNASUR adalah sebuah mekanisme “untuk mempromosikan integrasi antara negara-negara Amerika Selatan” bersama Mercosur (Pasar Bersama Selatan) dan komunitas Andean-kawasan perdagangan bebas yang mencakup bidang ekonomi ke bidang sosial, budaya, teknologi-ilmiah, dan politik.

Pemerintah Brasil mengatakan integrasi dan persatuan Amerika Selatan diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan, kesejahteraan warga negara, dan untuk menyelesaikan masalah kawasan seperti kemiskinan, pengucilan, dan ketidaksetaraan sosial.

Da Silva mengisyaratkan dorongannya untuk mengatur kembali UNASUR pada Maret kepada Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez. Sementara mantan pemimpin serikat telah menjadi pendukung vokal untuk membangun kembali UNASUR dalam beberapa bulan terakhir.

Brasil meninggalkan UNASUR pada tahun 2019 selama masa jabatan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro.

Argentina mengumumkan keputusannya untuk bergabung kembali dengan UNASUR pada bulan Maret dan Presiden Alberto Fernandez menekankan perlunya persatuan regional di tengah berbagai tantangan.

UNASUR didirikan Hugo Chavez Presiden Venezuela pada tahun 2008 di tengah gelombang Pink Tide (gelombang Merah Jambu), ketika wilayah tersebut berputar haluan ke kiri secara politik. Pada puncaknya, kelompok tersebut terdiri dari 12 negara Amerika Latin.

Saat kawasan bergeser ke kanan, beberapa pemerintahan sayap kanan membentuk Grup Lima pada tahun 2017.

Setelah itu, beberapa negara menarik diri dari UNASUR dan bergabung dengan Forum untuk Kemajuan dan Pembangunan Amerika Selatan (PROSUR), blok multilateral lainnya yang berfokus pada kemitraan ekonomi dan sosial.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs