Selasa, 30 April 2024

Antisipasi Kepadatan Libur Lebaran, Lalu Lintas Kawasan Batu Direncanakan Sistem One Way

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kombes Pol Taslim Chairuddin Dirlantas Polda Jatim waktu menyampaikan hasil rapat Operasi Ketupat Semeru 2023, Rabu (12/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur berencana memberlakukan sistem one way untuk kawasan wisata Batu dalam momen libur Lebaran 2023.

Kombes Pol M Taslim Chairuddin Dirlantas Polda Jatim mengatakan, pemberlakuan one way direncanakan pada H+1 dan H+2 Lebaran mendatang.

Pemberlakuan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya kepadatan di kawasan tersebut, mengingat jumlah masyarakat yang mudik ke Jawa Timur cukup banyak.

“Kita mengkhawatirkan pada Hari H, kedua dan ketiga itu nanti masyarakat yang mudik ke Jatim bersama keluarganya rekreasi, dan favoritnya sejauh ini memang di wisata Batu. Oleh karena itu, jika situasinya memaksa untuk one way, maka kita laksanakan,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (19/4/2023) malam.

Kata Taslim, pelaksanaan one way diberlakukan dari Malang yang mengarah ke Batu. Sedangkan untuk waktu pasti pelaksanaannya, masih belum diputuskan mengingat rencana tersebut baru diinstruksikan pada Rabu malam.

“Saya sudah perintahkan ke Kasatlantas Batu, dan Malang kota maupun kabupaten untuk saling koordinasi. Gambarannya mungkin nanti dijadwalkan misalnya one way selama empat jam arah bawah (Malang) ke Batu, dan dua jam arah sebaliknya. Kalau tidak terlalu banyak volumenya tetap dua lajur, tapi kalo banyak kita one way. Semua sangat tergantung pada situasi,” urainya.

Terkait skenario lain, Taslim mengatakan sudah mempersiapkan personel dan akan memasang water barrier di Simpang Tiga Pendem. Tujuannya agar tidak ada crossing atau pengguna jalan yang menyeberang sehingga bisa menambah antrean.

Untuk itu, dia berharap agar masyarakat senantiasa memonitor Radio Suara Surabaya, yang nantinya akan mengudarakan seluruh informasi terkait rekayasa lalu lintas di seluruh wilayah Jatim.

“Masyarakat diharapkan nantinya bisa memantau perkembangan lewat Radio Suara Surabaya. Karena harapan kita bisa mencakup informasi seluruh wilayah Jawa Timur,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs