Senin, 29 April 2024

Baznas Salurkan Bantuan ke Palestina Gandeng Egyptian Red Crescent

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jajaran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat menjalin kerja sama dengan Egyptian Red Crescent untuk penyaluran bantuan ke Palestina. Foto: BAZNAS RI Jajaran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat menjalin kerja sama dengan Egyptian Red Crescent untuk penyaluran bantuan ke Palestina. Foto: BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggandeng lembaga Egyptian Red Crescent (Hilal Ahmar Mesir), sebagai upaya mempermudah penyaluran bantuan dari masyarakat Indonesia ke Gaza Palestina.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Noor Achmad Ketua Baznas RI dan Dr. Silfiya Simon Kepala Departemen Sumber Daya dan Pemasaran Egyptian Red Crescent di Kairo, Mesir.

“Jadi nanti ada beberapa tahap kerja sama yang dilakukan. Tahap pertama, tanggap darurat kemanusiaan. Tahap kedua nanti awal tahun sudah mulai recovery dan rekonstruksi,” ujar Noor, Senin (27/11/2023) dilansir Antara.

Dia mengatakan sebagai wujud transparansi, Baznas menyiapkan tim pendamping di Mesir untuk menyaksikan langsung pemanfaatan dana yang digunakan membeli kebutuhan, proses pengepakan barang, hingga penyaluran ke Gaza, Palestina.

“Nanti kita siapkan juga tim pendampingnya. Kita juga punya posko di Mesir. Terkait barang yang dibeli, nanti Hilal Ahmar yang lebih paham apa yang dibutuhkan. Tapi yang jelas kita siapkan tim pendampingnya,” kata Dia.

Sementara itu, Silfiya Simon menegaskan, gencatan senjata yang tengah berlangsung merupakan kesempatan untuk menyalurkan bantuan.

“Seperti Baznas, kita juga prinsipnya bergerak cepat, karena sekarang ini ada gencatan senjata, sehingga memungkinkan kita untuk mengirim banyak bantuan. Jadi, kita perlu memanfaatkan waktu ini dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut menurut Silfiya, dana yang dikirim dari Baznas akan langsung dibelanjakan kebutuhan untuk masyarakat Gaza Palestina. Tim Baznas boleh ikut menyaksikan pembelian barang di Mesir.

“Setelah dananya dikirim, kita akan langsung belanja kebutuhan untuk rakyat Palestina. Jadi nanti tim Baznas juga bisa melihat langsung kebutuhan yang dibeli sebagai transparansi,” katanya.

Silfiya mengaku senang bisa bekerja sama dengan Baznas RI. Menurutnya, Egyptian Red Crescent sangat terbuka membantu rakyat maupun lembaga di Indonesia menyalurkan bantuan ke Gaza Palestina.

“Kami sangat yakin kalau berbicara tentang Indonesia sebagai negara Muslim terbesar, maka penghimpunan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Baznas. Ini merupakan potensi yang sangat luar biasa. Kami senang bisa bekerja sama dan membantu Baznas,” pungkasnya. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs