Sabtu, 18 Mei 2024

Beberapa Wilayah Jatim Diprakirakan Hujan Ringan hingga Sedang pada Hari Raya Natal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan ringan hingga sedang akan mengguyur beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim), pada momen perayaan Hari Raya Natal, Senin (25/12/2023).

Menurut keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir terjadi pada pagi, siang hingga sore.

Wilayah yang berpotensi turun hujan pada pagi hari, yakni Nganjuk, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

Adapun pada siang hingga sore harinya hujan akan mengguyur, Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, trenggalek, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo Jember, Situbondo dan Sumenep

Kondisi suhu udara di Jatim seharian ini berkisar 15 hingga 35 derajat celcius dengan kelembapan 50-100 persen. Angin dominan berembus dari Barat Daya ke Selatan dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara BMKG Maritim Tanjung Perak juga memprakirakan ada potensi hujan ringan hingga sedang, di sebagian besar Wilayah Perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Barat, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 15 knots (28 kilometer per jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 13 knots (24 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.0 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.0 meter. (and/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs