Minggu, 28 April 2024

Begal yang Ditangkap Polsek Lakarsantri Ajak Anak di Bawah Umur untuk Beraksi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
M. Yunus (19) pelaku begal yang mengajak anak di bawah umur untuk beraksi waktu ungkap kasus di Mapolsek Lakarsantri, Selasa (11/7/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Otak pelaku pembegalan di Jalan Raya Alas Malang pada Kamis (22/6/2023) bernama M. Yunus (19) rupanya mengajak anak di bawah umur untuk melancarkan aksinya.

Total pelaku yang diamankan kepolisian Polsek Lakarsantri berjumlah tiga orang termasuk Yunus. Sedangkan dua sisanya inisial KS (16) asal Balongsari dan PR (17) asal Karang Poh, Surabaya.

Kompol M. Hakim Kapolsek Lakarsantri mengatakan tersangka Yunus yang merupakan warga Jalan Tambak Gringsing 5 Surabaya itu ternyata juga seorang residivis dalam kasus yang sama. Tersangka pernah ditangkap Polsek Sukomanunggal dan Asemrowo Surabaya.

“Meski masih anak-anak, mereka tak segan melukai para korban dengan senjata tajam yang mereka bawa,” ujar Hakim di Mapolsek Lakarsantri, Selasa (11/7/2023).

Penangkapan tiga pelaku begal ini bermula saat mereka membegal korban inisal R (16) asal Benowo. Ketika itu korban R sedang melintas di Jalan Alas Malang arah Citraland Surabaya.

Kemudian para pelaku mengejar korban menggunakan sepeda motor Suzuki Spin. Ketiga pelaku langsung mengadang korban yang berboncengan dengan temannya sambil mengeluarkan sebilah celurit.

“Kepada korban, pelaku meminta HP juga menggeledah jaket teman korban dan mengambil HP yang disimpan disaku jaket. Setelah itu mengambil kunci kontak sepeda motor korban dan membuangnya tidak jauh dari tempat kejadian,” ujar Hakim.

Bukan hanya merampas, pelaku juga membacok bagian punggung korban sebanyak satu kali, setelah mengambil HP kemudian melarikan diri.

Korban pun langsung melapor ke Polisi setelah mengalami pembegalan itu. “Anggota dapat menganalisa pelaku dari rekaman CCTV, juga mendapatkan informasi salah satu pelaku berada di warung kopi,” imbuhnya.

Setelah itu petugas langsung melakukan pengembangan untuk menangkap kedua pelaku lain yang masih anak-anak. Sementara
barang bukti yang diamankan, doosbook HP, motor suzuki spin warna merah dan senjata tajam jenis celurit. (wld/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs